April 12, 2020

10 Teknik Dasar SEO untuk Blogger Pemula

Romeltea | April 12, 2020
Terapkan teknik dasar SEO untuk memastikan blog Anda mudah diindeks Google dan mendatangkan banyak pengunjung. Dasar-Dasar SEO untuk Blogger Pemula.

10 Teknik Dasar SEO untuk Blogger Pemula

SETIDAKNYA ada 10 teknik dasar SEO (Search Engine Optimization) menurut Freelance Folder  yang saya sadur bebas di posting tentang SEO blog Blogger ini.

Jika semua tips dan trik seo blogger ini dilakukan, minimal blog Anda sudah memenuhi standar SEO Blog, tinggal diikuti dengan Konten Berkualitas.

Disebutkan, ada beberapa "hal sederhana" yang dapat Anda lakukan ketika membuat blog yang akan membantu meningkatkan kesempatan Anda memproleh hasil baik.

Apa Itu SEO?

SEO --singkatan dari Search Engine Optimization atau Pengoptimalan Mesin Telusur-- adalah proses membuat perubahan pada desain dan konten blog atau website untuk membantu blog muncul di mesin pencari. 

Dengan mengoptimalkan blog untuk mesin pencari, kita dapat meningkatkan visibilitas blog dalam hasil mesin pencari organik.

Mesin pencari seperti Google memindai blog, melihat elemen desain dan konten untuk membantu mereka menentukan jenis topik yang dibahas blog dan seberapa ramah pengguna (user friendly) blog tersebut. 

Proses ini disebut "merangkak" atau "merayap" (crawling). Ini membantu mesin pencari memberikan hasil pencarian yang lebih relevan dan bermanfaat bagi penggunanya. (Baca: Cara Kerja Mesin Pencari Google)

Bingung? Ha ha... maklum terjemahan Google itu mah tentang pengertian SEO dari Lyfe Marketing.

Intinya sih... SEO itu proses atau teknik agar blog kita mudah diindeks dan diperingkat Google sehingga muncul di peringkat atas halaman hasil pencarian (SERP). 

Nah, dengan muncul di halaman depan Google, maka peluang mendatangkan pengunjung sangat besar. Blog pun akan banyak dikunjungi atau dibaca pengguna internet. 

10 Teknik Dasar SEO Blogger

Berikut ini  10 Teknik Dasar SEO untuk Blogger Pemula.

1. Title Tag SEO

Tital tag adalah tag judul atau nama blog. Judul atau nama blog sebaiknya memasukkan satu atau dua buah kata kunci (keywords). Kata kunci maksudnya adalah "tema utama" konten blog kita.

Jika nama blog Anda berupa nama asli, maka masukkan SEO Title Tags di template. Contohnya:

<title>Blog Romeltea - Blogging, Writing, Speaking Tips</title>
Hasilnya seperti ini di Google:

title tag romeltea
 
Judul halaman merupakan hal pertama yang diindeks mesin pencari, sebagaimana gambar di atas. Panjang judul halaman maksimal 60 karakter.

Dengan title tags di atas, saya mengatakan kepada user dan mesin pencari, blog romeltea berisi tentang tips blogging, menulis, berbicara, dll.

Title tag sudah ada di template blog bawaan Blogger. Kodenya sebagai berikut:

<title><data:blog.pageTitle/>

Agar lebih SEO, maka ganti kode tesebut dengan kode berikut ini:

<b:if cond='data:blog.pageType == &quot;index&quot;'>
<title><data:blog.pageTitle/> | Blogging, Writing, Speaking Tips</title>
<b:else/>
<b:if cond='data:blog.pageType != &quot;error_page&quot;'>
<title><data:blog.pageName/> - <data:blog.title/></title>
</b:if></b:if>
<b:if cond='data:blog.pageType == &quot;error_page&quot;'>
<title>Page Not Found - <data:blog.title/></title>
<meta content='3;/' http-equiv='refresh'/>
</b:if>
 <meta content='summary_large_image' name='twitter:card'/>

Bagaimana cara menggantinya? Ini dia:

- Klik Tema > Edit HTML
- Hapus kode  <title><data:blog.pageTitle/>
- Ganti dengan kode di atas
- Ubah kata-kata yang warna merah dengan versi Anda.
- Simpan!

Kode di atas juga akan mengubah susunan nama blog dan judul postingan di Google. Semula, yang muncul adalah Nama Blog | Judul Tulisan. Kini susunannya terbalik: Judul Tulisan | Nama Blog sehingga lebih SEO.

2. Meta Tags SEO

Di Blogger, meta tags adalah deskripsi atau gambaran konten blog. Saat mengisi deskripsi blog, kata kunci atau "tema utama" isi blog dimasukkan.

Deskripsi blog sebaiknya disusun dalam sebuah kalimat. Misalnya "blog tentang tips ngeblog dan menulis".

Meta tags dalam konteks SEO terdiri dari tiga bagian — Title, Description, dan Keywords. Title sudah ada. Keywords kini hanya berlaku di postingan. Description tinggal diisi di bagian Setting Dashboard.

Jadi, untuk Teknik Dasar SEO yang kedua ini, kita hanya perlu mengisi Deskripsi dan Preferensi penelusuran. Kode Meta Tagsnya sudah ada di template bawaan Blogger, yaitu kode:

<b:include data='blog' name='all-head-content'/>

Cara Mengisi Meta Tags:

- Klik Setting
- Klik Basic
- Klik Edit di bagian Description
- Isi kolom yang terbuka dengan keterangan tentang blog Anda. Maksimal 500 karakter.

Deskripsi Blog

Save Changes! Simpan.

Setelah itu, lakukan lagi hal serupa untuk Meta Tags:

- Klik Setting
- Klik Search preferences
- Klik "Yes" di bagian Meta tags.

meta tags blogger

Setelah diklik "Yes", akan terbuka kolom untuk mengisi meta deskripsi.

meta tags deskripsi blogger

Gambarkan blog Anda dalam 2-3 baris. Misalnya "Blog tentang SEO Blog. Panduan praktis SEO Blog Blogspot untuk Blogger Pemula."

Ketika, ketika menulis posting, isi pula kolom "Search Description" di sidebar kanan. Misalnya, dalam posting ini, saya mengisinya dengan kalimat yang sama dengan judul: Top 10 Tips SEO Blogger: Cara Meningkatkan Pengunjung & Indeks Google.

- Klik "Search Description"
- Isi dengan kalimat baru yang mengandung kata kunci atau tema, bisa juga dengan copas judul tulisan.

Search Description

3. Menggunakan Heading Tags

Heading tags yaitu penggunaan H1 untuk Judul, H2 Subjudul, dst. dalam postingan. Ini sangat baik untuk user, web browser, dan mesin pencari untuk menemukan tema atau kata kunci utama dalam posting blog.

Heading ini menunjukkan bagian terpenting dalam artikel di blog. Saya biasanya menggunakan Subheading (H3) untuk Subjudul.

heading tags blogger

Penggunaan Heading Tags tidak saja baik bagi indeks mesin pencari (SEO Friendly), tapi juga membuat tulisan jadi ramah pengguna (User Friendly) --mudah dipindai, enak dibaca, mudah dimengerti, dan nyaman di mata.

5. Title Attributes on Links 

Atribut dalam link sebaiknya bukan "klik di sini", tapi sesuai dengan nama linknya. Misalnya, URL linknya adalah "http://blogromeltea.blogspot.com/", maka anchor teksnya pun relevan: "Blog Romeltea".

Hindari menggunakan teks lin "Klik di Sini" (click here) karena doesn’t really tell a person – or more importantly, the search engines — what the link is. 

Misalnya, jika link-nya mengarah pada "http://blogromeltea.blogspot.co.id/2015/12/cara-download-video-youtube-facebook.html", maka gunakan "Cara Download Video", bukan "klik di sini".

6. XML Sitemap 

Buatlah XML Sitemap di Google Search Console (d/h Webmaster Tools). Google bilang, cara terbaik agar blog mudah diindeks Google adalah dengan mendaftarkan ke Google (Submit URL) dan Submit Sitemap.

Dengan begitu, bukan hanya nama/alamat blog yang didaftarkan ke Google, tapi juga semua konten blog, sehingga memudahkan dan mempercepat indexing dan crawling.

Sitemap XML blog kita sudah dibuatkan oleh Blogger, yaitu kode sitemap.xml dan atom.xml. Kita tinggal mendaftarkannya ke Google.

Caranya Daftarkan Sitemap ke Google:

- Buka Google Search Console
- Klik Start Now

Google Search Console

- Klik Add Property untuk mendaftarkan blog Anda.
- Masukkan blog Anda di kotak kedua.

Properti Search Console
- Klik Continue.
- Ikuti langkah selanjutnya hingga terbuka laman seperti ini.

Daftarkan Sitemap ke Google

Daftarkan Sitemap ke Google

- Klik Peta Situs
- Isi dengan alamat blog Anda ditambah /sitemap.xml

Daftarkan Sitemap ke Google



7. Relevant Content 


Menulis konten berkualitas dan relevan adalah Tips SEO #1 karena konten adalah raja (Content is King). 

Tulislah konten atau posting yang relevan, sesuai dengan alamat blog, nama blog, deskripsi bog, dan kata kunci yang dibidik blog Anda. "Kekompakan" itu sangat baik bagi mesin pencari. 

Buatlah tulisan berkualitas, karya sendiri, bukan copas, unik, lengkap, dan sangat baik jika dilengkapi gambar (foto) dan video.

Tulislah postingan panjang (long post) karena akan lebih disukai Google.

8. Link Building 

Membangun link dengan mendaftarkan ke blog directory, blog walking, share ke media sosial, daftar di Alexa, dan sebagainya.

Buat akun media sosial --Facebook, Twitter, Google Plus, Linkedin, Pinterest, Instagram, Path, dll --dan sertakan link blog Anda di profil.


Link building juga dilakukan saat posting, yakni minimal ada satu tautan internal (internal link) dan minimal satu tautan eksternal (link ke blog/web lain, external link).

9. Social Media 

Secara teknis, ngelink blog ke media sosial, seperti Facebook, bukan teknik SEO, tapi setidaknya inilah cara ampuh untuk promosi blog.

Anda juga bisa manfaatkan situs-situs  Social Bookmarking seperti Delicious, Digg, StumbleUpon, dan banyak lagi. 

Minimal, buatlah Page di Facebook dan Page di Google Plus untuk share dan publikasi update posting blog Anda.

10. Beberapa Pantangan — Flash and Splash!


Blogger baru biasanya suka banget dengan animasi, gambar bergerak, atau flash dan splash. Padahal, itu hanya akan membuat user "pusing" melihat kerlap-kerlip tampilan banner atau huruf/gambar animasi, juga hanya akan memberatkan loading blog.

Benar, flash dan animasi itu bagus, tapi sayangnya mesin telusur mengabaikannya (unfortunately the search engines don’t get along well with Flash).

Jangan lupa, sebelum menerapkan 10 Teknik Dasar SEO untuk Blogger Pemula di atas, baca dan terapkan dulu Cara Membuat Blog SEO Friendly

Wasalam. (http://blogromeltea.blogspot.com).*

panjan tulisan blog

Previous
« Prev Post

3 comments on 10 Teknik Dasar SEO untuk Blogger Pemula

No Spam, Please!

Contact Form

Name

Email *

Message *