September 22, 2015

Top 10 Cara Meningkatkan Pengunjung Blog

Romel Tea September 22, 2015

Top 10 Cara Meningkatkan Pengunjung Blog
Top 10 Cara Meningkatkan Pengunjung Blog (Trafik).
 
MEMBUAT blog itu mudah. Tinggal buka blogger.com, lalu isi form yang ada, maka Anda sudah punya blog.

Masalah umum blogger pemula (newbie) adalah minim pengunjung. Dicarilah cara, tips, trik, untuk meningkatkan pembaca atau pengunjung blog alias cara menaikkan trafik

Melengkapi trik seo blog sebelumnya, berikut ini Top 10 Cara Meningkatkan Pengunjung Blog yang secara bebas, plus tambahan tips, dari The Blogger Guide. Namun, sebelumnya, pastikan blog Anda sudah menggunakan Template Blog SEO Friendly nan ringan dan simple.

1. Daftarkan blog Anda ke mesin pencari (search engines)

Kebanyakan orang (user internet) mencari informasi melalui mesin pencari. Maka, mendaftarkan blog ke mesin pencari merupakan cara terbaik meningkatkan trafik. Daftarkan blog Anda ke Google, Yahoo, Bing.

2. Optimalkan konten blog agar ramah mesin pencari (SEO Friendly).

Konten atau posting blog seo friendly sangat penting agar mudah dan cepat terindeks. Pastikan kata kunci (keywords) ada di judul tulisan, permalink, di awal tulisan, di tengah, dan di akhir posting. Tambahkan eksternal link terpercaya, khususnya yang jadi sumber tulisan, dan minimal satu link internal.

3. Tulis konten berkualitas dan "awesome"

Conten is King. Konten adalah raja, penentu utama kesuksesan blog. Tulislah posting berkualitas, membantu (helful), unik, dan karya sendiri --bukan jiplak atau copy paste (repost). Jika konten Anda membantu pengunjung, mereka akan membagi posting Anda kepada teman-teman mereka di media sosial. Google dan mesin pencari lain menyukai konten berkualitas dan unik.

4. Tampilkan tombol "social media sharing" di blog Anda.

Jika Anda menulis artikel menarik dan bermanfaat, namun sulit bagi pengunjung untuk nge-share-nya ke media sosial, maka Anda kehilangan pengunjung potensial. Maka, sangat penting memudahkan pembaca untuk share posting blog Anda ke media sosial. 

Tempatkan tombol share media sosial di bawah setiap postingan. Jangan lupa, pasang pula akun media sosial Anda di sidebar atau di menu.

5. Share tulisan Anda di jejaring sosial.

Setelah menulis dan mempublikasikan tulisan baru, bagikan posting Anda di media sosial --terutama Facebook, Twitter, dan Pinterest. Untuk cara otomatis, bisa gunakan menu "socialize" di Feedburner dan situs Dlvr.

6. Tingkatkan "Facebook like" Fanspage.

Tingkatkan likers fanpage Facebook Anda. Facebook merupakan sumber terbesar trafik blog saat ini, namun tergantung berapa banyak fans yang Anda miliki di Facebook. Jika ingin meningkatkan trafik blog, tingkatkan "likers" di fanspage Anda. Tambahkan widget Facebook Like di Sidebar Blog. Bisa pula pasang widget pop-up Facebook Like Box.

7. Tingkatkan lebih banyak followers di Twitter

Seperti Facebook, Twitter juga merupakan sumber utama trafik atau pengunjung blog. Tingkatkan terus follower Twitter Anda dan share update blog Anda di sana.

8. Pasang widget kotak berlangganan (email subscription)

Mudahkan pembaca mengikuti update atau posting terbaru di blog Anda. Pasang kotak berlangganan di sidebar blog atau bawah posting. (Baca: cara membuat kotak berlangganan blogger).

9. Menulis di blog orang lain (guest post)

Banyak blogger membuka kesempatan bagi Anda untuk menulis di blognya. Anda akan mendapatkan backlink dan popularitas. Tulis posting baru, bukan repost posting lama di blog Anda. Kompasiana atau blogdetik juga termasuk "guest post", meski kategori blog juga.

10. Komentar di blog orang lain

Jangan cuma buka dan baca, lalu "copas". Tulis komentar berkualitas, bukan komentar spam, sampah, dan basa-basi sebagai modus mendapatkan backlink. Komentar 2-3 kalimat yang nyambung dengan posting sangat baik untuk reputasi Anda dan mengundang pengunjung lain membuka profil dan blog Anda..

Itulah Top 10 Cara Meningkatkan Pengunjung Blog. Lebih tepatnya, ikhtiar menaikkan trafik. Baca juga: Tips SEO Onpage untuk Meningkatkan Pengunjung Blog. Wasalam. (http://blogromeltea.blogspot.com).*

3 comments:

No Spam, Please!