Pengertian Blog, Blogger, Blogging

Romeltea | Follow @romel_tea

Apa itu Blog? Berikut ini definisi atau pengertian blog, blogger, dan blogging.

definisi atau pengertian blog, blogger, dan blogging

Apakah Anda tahu apa itu blog? Jika tidak, maka Anda datang ke tempat yang tepat. Pada awalnya, blog lebih merupakan buku harian pribadi yang dibagikan orang secara daring (online diary), dan kembali ke tahun 1994.

Dalam jurnal online ini, Anda dapat berbicara tentang kehidupan sehari-hari Anda atau membagikan hal-hal yang Anda lakukan. Tetapi, orang melihat peluang untuk mengkomunikasikan informasi dengan cara baru. Maka dimulailah dunia blogging yang indah!

Pengertian Blog

Apa itu blog? Secara bahasa, blog (kependekan dari "weblog") adalah jurnal online atau situs web yang menampilkan informasi (tulisan, artikel, posting) dalam urutan kronologis terbalik. Posting terbaru muncul terlebih dahulu.

Blog adalah platform sarana penulis atau bahkan sekelompok penulis berbagi pandangan mereka tentang berbagai hal.

Blog juga merujuk pada kegiatan pemasaran bisnis dengan membuat konten pemasaran (marketing content) dengan topik apa saja guna menarik pengunjung ke website. Kegiatan ini dikenal dengan sebutan Business Blogging atau Corporate Blogging.

Apa tujuan dari sebuah blog?

Ada banyak alasan untuk memulai blog untuk penggunaan pribadi dan hanya segelintir yang kuat untuk blogging bisnis.

Blogging untuk bisnis, proyek, atau apa pun yang mungkin memberi Anda uang memiliki tujuan yang sangat mudah - untuk membuat peringkat situs web Anda lebih tinggi di Google SERP, a.k.a. meningkatkan visibilitas Anda.

Sebagai bisnis, Anda mengandalkan konsumen untuk terus membeli produk dan layanan Anda. Sebagai bisnis baru, Anda mengandalkan blog untuk membantu Anda menjangkau konsumen ini dan menarik perhatian mereka.

Tanpa blogging, situs web Anda akan tetap tidak terlihat, sedangkan menjalankan blog membuat Anda dapat dicari dan kompetitif.

Jadi, tujuan utama sebuah blog adalah untuk menghubungkan Anda dengan audiens yang relevan. Satu lagi adalah untuk meningkatkan traffic Anda dan mengirimkan arahan berkualitas ke situs web Anda.

Semakin sering dan semakin baik posting blog Anda, semakin tinggi peluang situs web Anda ditemukan dan dikunjungi oleh audiens target Anda. Yang berarti, sebuah blog adalah alat generasi memimpin yang efektif.

Tambahkan ajakan bertindak (CTA) yang hebat, dan itu akan mengubah lalu lintas situs web Anda menjadi arahan berkualitas tinggi. Tetapi sebuah blog juga memungkinkan Anda untuk menunjukkan otoritas Anda dan membangun merek.

Ketika Anda menggunakan pengetahuan niche Anda untuk membuat posting yang informatif dan menarik, itu membangun kepercayaan dengan audiens Anda.

Blogging yang bagus membuat bisnis Anda terlihat lebih kredibel, yang sangat penting jika merek Anda masih muda dan cukup tidak dikenal. Ini memastikan kehadiran dan otoritas pada saat yang sama.

Struktur blog

Tampilan blog berubah seiring waktu, dan saat ini blog menyertakan item yang berbeda. Tetapi, sebagian besar blog menyertakan beberapa fitur dan struktur standar. Berikut adalah fitur umum yang akan disertakan oleh blog pada umumnya:
  1. Header - dengan menu atau bilah navigasi
  2. Area konten utama - dengan tulisan blog yang disorot atau terbaru
  3. Bilah samping (Sidebar) - dengan profil sosial, konten favorit, atau ajakan bertindak
  4. Footer - dengan tautan yang relevan seperti penafian, kebijakan privasi, halaman kontak, dll.
Struktur blog dasar

Basic blog structure
Basic Blog Structure free template was created by FirstSiteGuide.com team.

Contoh di atas adalah struktur dasar blog. Setiap item memiliki kepentingannya sendiri dan membantu pengunjung untuk menavigasi melalui blog Anda.

Blog dan situs web

Mayoritas orang masih bertanya-tanya apakah ada perbedaan antara blog dan situs web. Apa itu blog dan apa itu situs web? Bahkan lebih menantang untuk membedakan antara keduanya hari ini. Banyak perusahaan mengintegrasikan blog ke situs mereka untuk melakukan fungsi yang sama.

Apa yang membedakan blog dari situs web?

Blog perlu sering diperbarui. Contoh yang baik termasuk blog makanan berbagi resep makanan atau perusahaan yang menulis tentang berita industri mereka.

Blog mempromosikan keterlibatan pembaca yang sempurna. Pembaca mendapat kesempatan untuk berkomentar dan menyuarakan keprihatinan mereka yang berbeda kepada pemirsa.

Situs web statis, di sisi lain, terdiri dari konten yang disajikan di halaman statis. Pemilik situs web statis jarang memperbarui halaman mereka. Pemilik blog memperbarui situs mereka dengan posting blog baru secara teratur.

Elemen kunci yang mengidentifikasi posting blog dari halaman statis termasuk tanggal penerbitan, referensi penulis, kategori, dan tag dalam byline.

Meskipun tidak semua posting blog memiliki semua elemen byline tersebut, halaman situs web statis tidak memiliki item ini.

Dari perspektif pengunjung, konten di situs statis tidak akan berubah dari satu kunjungan ke kunjungan berikutnya. Konten di blog, namun, memiliki potensi untuk menawarkan sesuatu yang baru setiap hari, minggu, atau bulan. Tergantung pada jadwal penerbitan pemilik blog.

Apa itu blogging?

Pada awal 2000-an, blogging muncul di semua fase yang berbeda ketika beberapa blog politik lahir. Juga, blog dengan manual cara mulai muncul.

Lembaga-lembaga yang sudah mapan mulai mencatat perbedaan antara jurnalisme dan blogging. Jumlah blogger di Amerika Serikat diatur untuk mencapai 31,7 juta pengguna pada tahun 2020.

Definisi blogging

Blogging adalah sekumpulan banyak keterampilan yang dibutuhkan seseorang untuk menjalankan dan mengendalikan sebuah blog. Melengkapi halaman web dengan alat untuk membuat proses penulisan, posting, menautkan, dan berbagi konten lebih mudah di internet.

Mengapa blogging begitu populer?

Penting untuk menyebutkan bahwa blog tumbuh setiap hari! Karenanya, untuk menjawab pertanyaan 'apa itu blogging', kita perlu melihat faktor di balik kemunculannya.

Pada tahap awal, blog menjadi arus utama, ketika layanan berita mulai menggunakannya sebagai alat untuk penjangkauan dan pembentukan opini. Itu menjadi sumber informasi baru.

Bisnis melihat cara yang baik untuk meningkatkan tingkat kepuasan pelanggan. Melalui blogging, perusahaan membuat klien dan pelanggan selalu terbarui. Semakin banyak orang mengunjungi blog Anda, semakin banyak eksposur dan kepercayaan merek Anda dapatkan.

Blogger pribadi dan niche, melihat potensi untuk menjangkau lebih banyak orang yang tertarik pada topik tertentu.

Melalui blog, pengunjung dapat berkomentar dan berinteraksi dengan Anda atau merek Anda yang membantu Anda membuat jaringan pengikut yang setia.

Tahukah Anda bahwa Anda bisa mendapatkan uang melalui blogging? Setelah blog Anda mendapatkan perhatian dan penggemar yang cukup, Anda dapat mencari cara untuk mendapatkan uang dari blog Anda. Melalui blog, Anda dapat menawarkan layanan dan menjual produk.

Siapa itu blogger?

Belakangan ini, blogger menjadi terkenal karena berbagai alasan. Karier atau pekerjaan alternatif bagi banyak orang, lebih banyak orang memilih untuk bergabung dengan jajaran.

Jadi siapa blogger atau bloger?

Blogger adalah individu yang suka berbagi bagian dari hidup mereka dengan Anda. Mereka memposting berbagai topik dari seni, desain rumah, pertukangan, dan artikel keuangan. Blogger bersifat mobile dan tidak perlu berada di satu tempat. Mereka hidup di internet!

Definisi blogger

Seorang blogger adalah seseorang yang menjalankan dan mengendalikan sebuah blog. Ia membagikan pendapatnya tentang berbagai topik untuk audiens target.

Kenapa banyak orang ngeblog hari ini?

Apakah Anda ingin memiliki blog sendiri? Iya! Kebanyakan orang saat ini membuat blog karena berbagai alasan.

Setiap manusia memiliki kisahnya sendiri. Karenanya, melalui internet, blogger dapat berkomunikasi dengan sekelompok orang yang lebih besar.

Mengapa blogging begitu populer?

Blog memungkinkan Anda untuk berbicara tentang topik apa pun dan mengekspresikan pendapat Anda. Anda akan menemukan beberapa blogger menulis di setiap aktivitas yang terjadi sepanjang hari.

Ini dapat berkisar dari masalah kecil seperti bangun tidur, hingga masalah besar seperti hak asasi manusia dan perubahan iklim!

Ingatlah bahwa sebagai blogger yang menjalankan blog Anda sendiri, Anda harus mengandalkan topik yang Anda sukai dan berusaha menjadi salah satu blog terbaik di web.

Apakah blogger dibayar?

Blogger memang mendapatkan uang, tetapi ini bukan jenis profesi cepat kaya.

Sebelum Anda dapat mulai memonetisasi blog Anda, Anda harus membangun peringkat Google SERP dan pengaruh ceruk (niche) Anda.

Itu membutuhkan banyak waktu dan konten berkualitas. Peluang menghasilkan uang tidak akan muncul sampai Anda memperoleh kredibilitas di lapangan. Jadi, turunlah ke bisnis!

Inilah cara Anda dapat menghasilkan uang dengan baik sebagai blogger niche peringkat teratas:

  1. Jual ruang iklan di blog Anda secara pribadi atau melalui Google AdSense.
  2. Menjadi mitra afiliasi secara pribadi atau melalui jaringan iklan.
  3. Jual produk digital Anda sendiri seperti eBuku dan tutorial.
  4. Menjual keanggotaan untuk akses ke konten atau saran eksklusif.
  5. Menggunakan blog Anda sebagai alat pemasaran konten untuk bisnis Anda.

Jika Anda memulai blog sebagai cara untuk memasarkan dan meningkatkan bisnis yang ada, Anda mungkin tidak akan menjual ruang iklan atau keanggotaan.

Tetapi Anda dapat membuat dan mulai menawarkan produk digital eksklusif seperti eBuku, panduan, atau kursus online sebagai alat penangkap memimpin dengan imbalan alamat email pengunjung. Dengan begitu, Anda akan mendorong mereka satu langkah lebih jauh ke saluran penjualan Anda.

Ingin memulai blog sendiri?

Membuat blog pribadi Anda sendiri membutuhkan beberapa langkah.

Pertama, Anda perlu memutuskan nama untuk blog Anda juga disebut nama domain, dan memilih platform blogging terbaik. Kami merekomendasikan untuk menggunakan platform yang di-host-sendiri.

Ada beberapa pilihan ketika datang ke platform self-host tetapi yang paling populer adalah WordPress.org.

Maka Anda perlu memilih layanan hosting web dan untuk blogger baru, kami sangat merekomendasikan Niagahoster, provider domain dan hosting terbaik saat ini. Anda akan mendapatkan nama domain gratis saat pesan hosting paket tertentu.

Demikian Pengertian Blog, Blogger, Blogging.*

Sumber

What is a Blog infographic
What Is a Blog Infographic was created by First Site Guide team.

Previous
« Prev Post
Author Image

Romeltea
Romeltea adalah onair dan online name Asep Syamsul M. Romli aka Kang Romel. Praktisi Media, Blogger, Trainer Komunikasi from Bandung, Indonesia. Follow me: facebook twitter instagram linkedin youtube

Recommended Posts

Related Posts

Show comments
Hide comments

No comments on Pengertian Blog, Blogger, Blogging

Post a Comment

No Spam, Please!