October 9, 2013

Top 10 Tips SEO Blog Blogspot

Romel Tea October 9, 2013

SEO Blog Blogspot
Top 10 Tips SEO Blog Blogspot ini sangat direkomendasikan bagi para blogger blogspot, jika ingin "bermain" Search Engine Optimization (SEO) agar postingnya mudah terindeks mesin pencari (Google) dan menempati halaman pertama hasil pencarian Google.

Tips SEO Blog Blogspot ini khususnya bagi blogger pemula karena blogger berpengalaman mah tentu sudah mengetahui dan mengamalkan Tips SEO Blog Blogspot ini.

Tips SEO Blog Blogspot ini saya kumpulkan dan seleksi dari puluhan Tips SEO Blog Blogspot yang saya temukan di berbagai blog. Saya ringkas menjadi 10 tips sehingga judul posting ini pun Top 10 Tips SEO Blog Blogspot.

Ini dia Top 10 Tips SEO Blog Blogspot --untuk blogger platform Blogger atau Blogspot.

1. Tips SEO Blog BlogSpot Spot – Meta Tags
Di template blog "standar", biasanya tidak disediakan Meta Tags. Di blog template blog yang SEO Friendly, pasti sudah disediakan Meta Tags ini untuk kepentinagn SEO Blog.

Jika sudah ada, tingga isi. Jika belum ada, ya diadain! Cara menambahkan meta tags di template blog sebagai berikut:
-  Klik "Template"
- "Edit HTML"
-  Masukkan kode ini di bawah kode <head>

<meta name="title" content ="nama blog di sini, maksimal 60 karakrter"
<meta name=”description” content=”deskripsi blog di sini, berupa kalimat, maksimal 150 karakter“>
<meta name=”keywords” content=”keyword, maksimal 10 kata”>

Contoh: Meta Tags Blog ini
<head>
<meta name="title" content="Romeltea on Blogspot | Tentang Blog, Media, Jurnalistik">
<meta name="description" content="Blog tentang Blog, Media, Jurnalistik, SEO Blog, Template Blog, Wordpress Theme, MC, radio, sepakbola">
<meta name="keywords" content="Jurnalistik, Media, Blogspot, Blog, SEO Blog, Template Blog, Sepakbola">
<meta name="ROBOTS" content="INDEX,FOLLOW">
</head>

2. Tips SEO Blog Blogspot - Meta Descriptions
Melengkapi tips SEO Blog yang pertama, ada dua meta description yang harus Anda isi. Pertama, meta description di template dan/atau di setting blog (dashboard). Gambarkan blog Anda dalam 2-3 baris. Misalnya "Blog tentang SEO Blog. Panduan praktis SEO Blog Blogspot untuk Blogger Pemula." Kedua, ketika menulis posting, isi pula kolom "Search Description" di sidebar kanan. Misalnya, dalam posting ini, saya mengisinya dengan "Tips SEO Blog Blogspot".

3. Tips SEO Blog BlogSpot – Keywords
Tips ini juga melengkapi tips SEO Blog yang pertama. Keywords (kata-kata kunci) memainkan peran sangat penting dalam SEO. Kebanyakan orang mencari data atau artikel di Google dengan mengetikkan kata kunci. Karenanya, kita harus memasukkan sedikitnya 2-3 persen "kepadatan kata kunci" (keyword density) dalam posting.

Artinya, jika tulisan atau posting kita 500 kata, maka dalam naskah mesti ada sekitar 10-15 kata kunci. Misalnya, posting yang sedang Anda baca ini memilih kata kunci Tips SEO Blog BlogSpot. Maka, dalam posting ini minimal harus ada kata-kata Tips SEO Blog BlogSpot sebanyak 10 kali jika panjang posting ini 500 kata.

Ingat, kata kunci yang kita gunakan/pilih dalam tiap posting blog, mesti relevan dengan kata kunci yang dipakai dalam Meta Tags. Misalnya, kata kunci dalam meta tags "Tips SEO", maka dalam posting juga "Tips SEO". Jangan beda. Harus kompak!

4. Tips SEO Blog BlogSpot – Permalinks
Permalink ini termasuk Tips SEO Blog Blogspot terbaik, namun justru sering kita lupakan. Padahal, permalink merupakan hal pertama yang terlihat oleh mesin pencari. Kini blogspot menyediakan fasilitas permalink di tiap posting, yaitu di sidebar kanan. Ada dua pilihan di sana: "Automatic Permalink" dan "Custom Permalink".

Nah, untuk SEO Blog, klik "Custom Permalink" dan masukkan sekitar 50 karakter (huruf) yang menggambarkan isi posting dan blog. Permalink juga sebaikna berisi kata kunci yang digunakan dalam blog.

Contoh, permalink otomatis (default) Blogspot untik posting ini adalah "http://romelteaonblogspot.blogspot.com/2013/10/top-10-tips-seo-blog-blogspot.html". Panjang banget 'kan? Lalu saya ubah menjadi "tips-seo-blog-blogspot". Jangan lupa, tiap kata kunci dipisahkan dengan tanda dash atau strip (-).

5. Tips SEO Blog BlogSpot – Post Title
Tips SEO Blog Blogspot dilakukan di template blog, yakni di bagian atas, di bawah kode <head>. Klik "Template" -> Edit HTML dan ganti kode <title><data:blog.pagetitle/></title> dengan kode berikut ini:

<b:if cond= ‘data:blog.pageType == &quot;index&quot;’>
<title><data:blog.title/></title>
<b:else/>
<title><data:blog.pageName/></title>
</b:if>

Kode ini akan menjadikan tampilan tiap posting diawali dengan judul posting, lalu nama blog. Ini bagus buat SEO.

6. Tips SEO Blog BlogSpot – Images
Tips SEO Blog Blogspot soal Image, Gambar, atau Foto ini sering diabaikan atau tidak disadari oleh banyak blogger. Mesin pencari tidak akan mengindeks gambar tanpa nama (Title) dan Alternative Text (Alt).

Title harus diisi sesuai dengan gambar dan konten posting. Misalnya, posting tentang "Tips SEO", maka gambar yang dipilih juga harus tentang tips seo, lalu diberi judul Tips Seo dan Alt Tips SEO juga.

Caranya, setelah upload, klik gambar dan klik bagian "Properties". Di sanalah ada Title dan Alt buat gambar yang kita upload dan akan jadi foto ilustrasi.

Satu lagi! Jangan lupa soal ukuran (size) gambar. Usahakan di bawah 100 kb, jangan sampai mencapai 1-3 MB. Artinya, fotonya harus kita edit (kecilin) dulu, jadi 300x200 Pixel misalnya, biar gak berat buat loading blognya. Jadi, foto dari kamera yang nyampe bermega-mega byte itu, jangan langsung upload ke blog!

7. Tips SEO Blog BlogSpot – Labels
Jangan lupa klik "Labels" di sidebar kanan saat posting. Isi dengan label yang sesuai dengan posting. Label itu sama dengan "Category" kalo di blog wordpress. Label harus unik, namun juga relevan dengan Meta Tags blog.

Jika lupa atau tidak mengisi "Labels", maka posting akan masuk "unlabelled" dna itu tidak disukai mesin pencari.

8. Tips SEO Blog BlogSpot – No-Follow
Tambahkan tag rel=”nofollow” di tiap link eksternal (external link) yang kita gunakan dalam blog. Tinggal centang ada "Add 'rel=nofollow' attribute" saat kita klik menu "Link" di atas kolom isi posting.

9. Tips SEO Blog Blogspot – Link Building
Membangun link, dikenal dengan backlink, yaitu sebuah link di blog atau website lain yang berisi URL Link blog kita. Para blogger biasanya melakukan "Blog Walking" untuk membangun link, yaitu mengunjungi blog lain dan memberikan komentar. Bisa juga dengan tukeran link dan membuat backlink di situs penyedia link building. Jika ada link blog kita di wikipedia atau situs populer lain, itu bagus banget buat SEO.

10. Tips SEO Blog Blogpot – Unique Content
Konten unik, sekaligus aktual dan dibutuhkan pengunjung. Ini sebenarnya tips SEO blog paling manjur dari segala tips SEO. Buatlah posting yang jarang dibuat, atau banyak dicari tapi tidak ada atau masih langka.

Top 10 Tips SEO Blog Blogspot saya simpan di blog ini, supaya saya bisa ingat terus, sekalian sharing dengan pengunjung seperti Anda yang menemukan posting blog ini via Google atau situs pencari lainnya. (www.romelteaonblogspot.blogspot.com).*

# Blog Romeltea: Blog tentang Blog, Media, Jurnalistik, SEO Blog, Template Blog, Wordpress Theme, MC, radio, sepakbola. URL > http://blogromeltea.blogspot.com

No comments:

Post a Comment

No Spam, Please!