Top 10 Tips SEO Blogger: Cara Meningkatkan Pengunjung & Indeks Google

Romeltea | Follow @romel_tea

Tips SEO Blogger
BAGAIMANA cara agar blog banyak pengunjung atau pembaca? Jawabannya, blog harus diindeks Google atau mesin pencari lainnya dan tampil di halaman depan hasil pencarian.

Bagaimana supaya mudah terindeks Google dan ditemukan pengguna internet? Jawabnya, lakukan pengoptimalan mesin telusur atau Search Enginze Optimization (SEO).

Top 10 Tips SEO Blogger berikut ini sangat direkomendasikan bagi para blogger blogspot, jika ingin "bermain" SEO, agar postingan, tulisan, atau isi blog mudah terindeks mesin pencari (khususnya Google) dan menempati halaman pertama hasil pencarian Google (SERP).

Tips SEO Blogger ini khususnya bagi blogger pemula karena blogger berpengalaman mah tentu sudah mengetahui dan mengamalkan Tips SEO Blog Blogspot ini.

Tips SEO Blog Blogspot ini saya kumpulkan dan seleksi dari puluhan Tips SEO Blog Blogspot yang saya temukan di berbagai sumber. Saya ringkas menjadi 10 tips sehingga judul posting ini pun Top 10 Tips SEO Blogger.

Top 10 Tips SEO Blogger untuk Indeks Google & Pengunjung

Ini dia Top 10 Tips SEO Blog Blogspot --untuk blogger platform Blogger atau Blogspot.

1. Meta Tags: Mengganti Meta Title

Meta tags berfungsi menggambarkan konten blog secara umum sekaligus pengenalan kepada mesin pencari dan pengunjung.

Menurut Google, meta tags atau tag meta adalah cara terbaik bagi webmaster atau blogger dalam memberikan informasi mengenai blog mereka kepada mesin telusur.

Tag meta dapat digunakan untuk memberikan informasi ke semua jenis klien, dan setiap sistem hanya memproses tag meta yang dipahaminya dan mengabaikan yang lain.

Tag meta ditambahkan ke bagian <head> laman HTML Anda dan umumnya tampak seperti ini:

<!DOCTYPE html>
<html>
<head>
<meta charset="utf-8">
 <meta name="Description" CONTENT="Author: A.N. Author, Illustrator: P. Picture, Category: Books, Price: £9.24, Length: 784 pages">
 <meta name="google-site-verification" content="+nxGUDJ4QpAZ5l9Bsjdi102tLVC21AIh5d1Nl23908vVuFHs34="/>
 <title>Example Books - high-quality used books for children</title>
 <meta name="robots" content="noindex,nofollow">

Kode di atas terdiri dari Meta Description (deskripsi) dan Meta Title (judul).

Untuk pengguna Blogger, tak usah repot-repot mengurusi kode seperti di atas, karena template Blogger sudah otomatis berisi kode meta tags seperti ini:

<b:include data=’blog’ name=’all-head-content’/>
<title><data:blog.pageTitle/></title>

Kode pertama sudah berisi meta deskripsi <meta expr:content='data:blog.metaDescription' name='description'/>

Agar lebih ramah mesin pencari, kita bisa mengubah meta title (<title><data:blog.pageTitle/></title>) dengan kode di bawah ini:

<b:if cond='data:blog.pageType == &quot;index&quot;'>
<title><data:blog.pageTitle/></title>
<b:else/>
<title><data:blog.pageName/> - <data:blog.title/></title>
</b:if>

2. Tips SEO Blog Blogspot - Meta Descriptions

Melengkapi tips SEO Blog yang pertama, ada dua meta description yang harus Anda isi. Pertama meta description di template dan/atau di setting blogger (dashboard).

- Klik Setting
- Klik Search preferences
- Klik "Yes" di bagia Meta tags.


meta tags blogger

Setelah diklik "Yes", akan terbuka kolom untuk mengisi meta deskripsi.

meta tags deskripsi blogger

Gambarkan blog Anda dalam 2-3 baris. Misalnya "Blog tentang SEO Blog. Panduan praktis SEO Blog Blogspot untuk Blogger Pemula."

Ketika, ketika menulis posting, isi pula kolom "Search Description" di sidebar kanan. Misalnya, dalam posting ini, saya mengisinya dengan kalimat yang sama dengan judul: Top 10 Tips SEO Blogger: Cara Meningkatkan Pengunjung & Indeks Google.

- Klik "Search Description"
- Isi dengan kalimat baru yang mengandung kata kunci atau tema, bisa juga dengan copas judul tulisan.

Search Description

3. Kata Kunci (Keywords)

Keywords (kata-kata kunci) memainkan peran sangat penting dalam SEO. Kebanyakan orang mencari data atau artikel di Google dengan mengetikkan kata kunci.

Karenanya, kita harus memasukkan sedikitnya 2-3 persen "kepadatan kata kunci" (keyword density) dalam posting.

Artinya, jika tulisan atau posting kita 500 kata, maka dalam naskah mesti ada sekitar 10-15 kata kunci. Misalnya, posting yang sedang Anda baca ini memilih kata kunci Tips SEO Blog BlogSpot. Maka, dalam posting ini minimal harus ada kata-kata Tips SEO Blog BlogSpot sebanyak 10 kali jika panjang posting ini 500 kata.

Ingat, kata kunci yang kita gunakan/pilih dalam tiap posting blog, mesti relevan dengan kata kunci yang dipakai dalam Meta Tags. Misalnya, kata kunci dalam meta tags "Tips SEO", maka dalam posting juga "Tips SEO". Jangan beda. Harus kompak!

Pastikan kata kunci ada di judul, awal tulisan, di tengah postingan, dan di akhir artikel.

kata kunci seo blog

4. Tips SEO Blogger  – Permalinks

Permalink ini termasuk Tips SEO Blog Blogspot terbaik, namun justru sering kita lupakan. Padahal, permalink merupakan hal pertama yang terlihat oleh mesin pencari. Kini blogspot menyediakan fasilitas permalink di tiap posting, yaitu di sidebar kanan. Ada dua pilihan di sana: "Automatic Permalink" dan "Custom Permalink".

Nah, untuk SEO Blog, klik "Custom Permalink" dan masukkan sekitar 50 karakter (huruf) yang menggambarkan isi posting dan blog. Permalink juga sebaikna berisi kata kunci yang digunakan dalam blog.

Contoh, permalink otomatis (default) Blogspot untik posting ini adalah "http://romelteaonblogspot.blogspot.com/2013/10/top-10-tips-seo-blog-blogspot.html". Panjang banget 'kan? Lalu saya ubah menjadi "tips-seo-blog-blogspot". Jangan lupa, tiap kata kunci dipisahkan dengan tanda dash atau strip (-).

Tips SEO Blogger  – Permalinks


5. Labels

Jangan lupa klik "Labels" di sidebar kanan saat posting. Isi dengan label yang sesuai dengan posting. Label itu sama dengan "Category" kalo di blog wordpress. Label harus unik, namun juga relevan dengan Meta Tags blog.

Jika lupa atau tidak mengisi "Labels", maka posting akan masuk "unlabelled" dan itu tidak disukai mesin pencari.

label blogger

Label atau kategori tulisan nantinya bisa dimunculkan di sidebar atau footer (Label Widget) sebagai navigasi halaman yang memunculkan halaman label (label pages), seperti footer blog ini.

6. SEO Gambar (Images)

Tips SEO Blog Blogspot soal Image, Gambar, atau Foto ini sering diabaikan atau tidak disadari oleh banyak blogger. Mesin pencari tidak akan mengindeks gambar tanpa nama (Title) dan Alternative Text (Alt).

Title harus diisi sesuai dengan gambar dan konten posting. Misalnya, posting tentang "Tips SEO", maka gambar yang dipilih juga harus tentang tips seo, lalu diberi judul Tips Seo dan Alt Tips SEO juga.

Caranya, setelah upload, klik gambar dan klik bagian "Properties". Di sanalah ada Title dan Alt buat gambar yang kita upload dan akan jadi foto ilustrasi.

judul dan teks gambar posting blog

Jangan lupa soal ukuran (size) gambar. Usahakan di bawah 100 kb, jangan sampai mencapai 1-3 MB.

Gotonya harus kita edit (kecilin) dulu, jadi 640x300 Pixel misalnya, biar gak berat buat loading blognya. Jadi, foto dari kamera yang nyampe bermega-mega byte itu, jangan langsung upload ke blog!

Satu lagi, UBAH NAMA FILE GAMBAR sebelum diupload. Misalnya, dari yang tadinya 001D1.JPG diubah menjadi tips-seo-blog.jpg atau nama lain sesuai dengan gambar atau isi fotonya.

Baca: Tips SEO Image Posting Blogger

7. Internal & Eksternal Link

Posting blog SEO Friendly minimal mengandung satu tautan kedalam (internal link) dan satu tautan keluar (eksternal link).

Perhatikan artikel-artikel yang ada di Wikipedia yang sarat link. Hyperlink itu menjadi kekuatan dalam bersaing di mesin telusur, indeks Google, hasil pencarian, dan meningkatkan pengunjung.

Contohnya, link Tips SEO Image Posting Blogger di atas adalah internal link. Wikipedia adalah eksternal link.

8. Backlink – Link Building

Backlink atau Inbound Link adalah sebuah tautan (link) di blog atau website lain yang berisi URL Link yang mengarah ke blog kita.

Para blogger biasanya melakukan "Blog Walking" untuk membangun link, yaitu mengunjungi blog lain dan memberikan komentar. Jika ada link blog kita di Wikipedia atau situs populer lain, itu bagus banget buat SEO.

Cara terbaik membuat backlink adalah menulis konten berkualitas, menyediakan gambar bagus buatan sendiri, share di media sosial, dan komentar di forum-forum.

Jangan lupa, cantumkan blog Anda di akun media sosial --Twitter, Facebook, Instagram, LinkedIn, Google Plus, dll.

9. Share Media Sosial.

Media sosial adalah salah satu pilar SEO selain link dan konten. Pastikan tulisan Anda dibagikan ke media sosial atau menjadi status update, khususnya di Facebook dan Twitter.

Anda bisa setting share otomatis ke media sosial melalui Feedburner atau Dlvr.it, namun sebaginya share manual dan menambahkan komentar untuk menarik minat klik.

10. Tips SEO Blogger Terbaik: Konten Berkualitas

Konten unik, sekaligus aktual dan dibutuhkan pengunjung. Ini sebenarnya tips SEO blog paling manjur dari segala tips SEO.

Konten Berkualitas

Buatlah posting yang jarang dibuat, atau banyak dicari tapi tidak ada atau masih langka.

"Jadikan situs Anda menarik dan bermanfaat," kata Google dalam Panduan SEO.

"Konten yang menarik dan bermanfaat akan memberikan pengaruh yang lebih besar bagi situs Anda dibandingkan dengan faktor lain yang dibahas di sini. Pengguna tahu konten yang berkualitas saat mereka melihatnya dan kemungkinan akan mengarahkan pengguna lain membuka konten tersebut. Hal ini dapat dilakukan melalui entri blog, layanan media sosial, email, forum, atau media lainnya."

Penyebaran situs baik melalui media sosial maupun dari mulut ke mulut adalah faktor yang membantu membangun reputasi situs Anda di mata pengguna dan Google, umumnya hal ini juga disertai dengan konten yang berkualitas.
Demikian panduan SEO Blogger untuk indeks Google dan meningkatkan pengunjung. Sebagai dokumentasi, supaya saya bisa ingat terus, sekalian sharing dengan pengunjung seperti Anda yang menemukan posting blog ini via Google atau situs pencari lainnya. Wasalam. (blogromeltea.blogspot.com).*

Previous
« Prev Post
Author Image

Romeltea
Romeltea adalah onair dan online name Asep Syamsul M. Romli aka Kang Romel. Praktisi Media, Blogger, Trainer Komunikasi from Bandung, Indonesia. Follow me: facebook twitter instagram linkedin youtube

Recommended Posts

Related Posts

Show comments
Hide comments

1 comment on Top 10 Tips SEO Blogger: Cara Meningkatkan Pengunjung & Indeks Google

No Spam, Please!