September 15, 2016

Cara Mengatasi Gangguan Fiberhome Lampu LOS Merah Kedip-Kedip

Romel Tea September 15, 2016

Cara Mengatasi Gangguan Fiberhome Lampu LOS Merah Kedip-Kedip
Cara Mengatasi Gangguan Koneksi Internet Speedy Modem Fiberhome Indihome Lampu LOS Merah Kedip-Kedip.

BARU seminggu diganti modem, dari model lama (TP Link) ke modem FiberHome (Indihome), koneksi internet Speedy Telkom sudah mengalami gangguan, Selasa (13/9/2016) malam.

Seperti pengalaman sebelumnya, perbaikan gangguan ini akan lama, tidak akan 'fast respons'. Tapi, tetap saja, saya sampaikan keluhan via Twitter ke @TelkomCare dengan 'risiko' jawaban standar: keluhan diterima dan perbaikan akan segera dilakukan.

Biasa weh.... ditambah murang-maring di Facebook, sekadar curhat, untuk mengurangi stres dan 'tingkat depresi'. Lumayan, terhibur dengan banyaknya like dan komentar :)

Hasil Googling, sinyal lampu LOS merah kedip-kedip itu umumnya karena masalah kabel. Bisa karena kabel optiknya rusak digigit tikus, bisa juga rusak karena hal lain.

Ingat ada nomor telepon teknisi yang ditulisnya sendiri di kardus modem FiberHome, saat mereka pasang, saya langsung SMS, ngabarin ada gangguan. Pagi harinya, siang ketang...., datangnya Pak Ely, bersama temannya.

Kebetulan, katanya, teknisi sedang melakukan perbaikan gangguan di pusat, yakni kotak kabel koneksi telepon Telkom di gerbang kompleks. Oh... gamas toh, gangguan masal.

Selang satu-dua jam, gangguan hilang. Koneksi internet kembali normal. Sinyal Lampo LOS Merah kedip-kedip sudah tidak ada.

Namun, hanya Wifi yang back to normal. Koneksi langsung modem FiberHome ke komputer, masih ngadat alias 'no connection'.

Setelah konta-kontak dengan teknisi yang kebetulan ada di kompleks, datanglah kembali sang teknisi ke rumah dan 'ngoprek' modem & komputer untuk mengatasi gangguan FiberHome itu.

Kesimpulannya, Cara Mengatasi Gangguan Fiberhome Lampu LOS Merah Kedip-Kedip adalah
  • Sampaikan keluhan via Twitter
  • Kontak teknisi yang Anda kenal atau ada kontaknya
  • Jika perlu datang langsung ke Kantor Telkom terdekat.

Sehari setelah gangguan diatasi, ada telepon dari Kantor Tekom Ujungberung Bandung, menanyakan soal gangguan. Saya bilang, sudah normal, dan tiket keluhan pun dihapus.

Namun, dari telepon itu, saya jadi tahu, jarak antara mengeluh di Twitter ke @TelkomCare ke Kantor Telkom terdekat, butuh waktu dua hari.

Lapor ke Twitter Selasa malam, respons dari kantor Telkom terdekat baru Kamis pagi, eh siang, jam 10-an soalnya. Bisa karena admin Telkom Care lambat kirim nomor tiket keluhan/pengaduan, bisa juga karena di kantor Telkom terdekatnya banyaaaaaakkk banget tiket pengaduan gangguan.

Sekitar sejam setelah tlp dari Telkom Uber, datanglah another technician ke rumah dan siap dengan perbaikan. Beruntung, dia tidak bekerja, karena gangguan modem FiberHome alias koneksi Speedy sudah teratasi.

Itu dia pengalaman Cara Mengatasi Gangguan Fiberhome Lampu LOS Merah Kedip-Kedip. Sebelumnya saya juga share pengalaman serupa, kasus gangguan yang sama, di posting Sampaikan Keluhan via Media Sosial Twitter. Wasalam. (http://blogromeltea.blogspot.com).*

3 comments:

  1. Permisi, boleh saya minta no.teknisi nya? Saya lagi gangguan ini internet nya seminggu lebih dan tidak ada teknisi datang ke rumah (sudah nelfon 147 lebih dari 5 kali dan datang ke plasa telkom 2 kali) kalo boleh saya minta yaa terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. "Teror" aja @TelkomCare di Twitter, mention terus tanpa henti biar diperhatiin

      Delete

No Spam, Please!