Memahami Ucapan Selamat Idul Fitri

Posted by | Follow @romeltea

Memahami Ucapan Selamat Idul Fitri
Pengertian Minal Aidin, Taqobbalallahu, dan Kullu Amin wa Antum Saat Lebaran
 
SAAT Idul Fitri atau lebaran, ucapan, kata-kata, atau ungkapan Selamat Idul Fitri bertebaran di media sosial, website, SMS, WhatsApp, dan sebagainya.

Ada yang dengan kata-kata berona (colorful words), puitis banget cenderung "lebay", ada yang menggunakan tulisan Arab, Inggris, disertai foto, gambar, dan sebagainya. Ada juga --ini mah versi saya-- yang cukup sederhana: Met Lebaran. Mohon Maaf Lahir Batin. Taqabbalallahu minna waminkum. Amin!

Berikut ini kata-kata atau ucapan yang biasa "pasuliwer" alias bertebaran di dunia nyata dan dunia maya saat Idul Fitri:
  • Selamat Hari Raya Idul Fitri
  • Minal 'Aidin wal Faizin
  • Mohon Maaf Lahir dan Batin
  • Taqabbalallahu minna wa minkum
  • Kullu 'amin wa antum bikhairin
Mari kita "bedah" pengertian ungkapan khas Idul Fitri yang berbahasa Arab.

Pengertian Minal 'Aidin wal Faizin


Menurut ustadz saya, ucapan Minal 'Aidin wal Faizin ini artinya "dari golongan yang kembali dan menang", ringkasan dari doa "Allahummaj 'alna minal 'aizin wal faizin" (Ya Allah, jadikanlah kami kelompok orang yang kembali dan menang).

Minal 'Aidin wal Faizin


Menurut sejarah, umat Islam merayakan Idul Fitri tepat usai Perang Badar di tahun ke-2 Hijrah. Nah, doa itu dikemukakan umat Islam agar masuk golongan pasukan kaum Muslim yang kembali dari medan perang Badar dan meraih kemenangan atas pasukan kafir Quraisy.

Arti Taqabbalallahu minna wa minkum

Kata ustadz saya, Taqabbalallahu minna wa minkum artinya "Semoga Allah menerima ibadah kami dan kalian". Karena ini doa, maka harus direspons atau dijawab dengan "Amin" atau "Taqobbal Ya Karim" (Terimalah doa kami Wahai Dzat Yang Mahamulia).

Taqabbalallahu minna wa minkum

Ungkapan Taqabbalallahu minna wa minkum inilah yang sesuai dengan sunah Rasul Saw dan para sahabat. Kata ustadz saya, dulu, saat lebaran, para sahabat jika bertemu mengucapkan doa ini satu sama lain.



Maksud Kullu 'amin wa antum bikhair

Kullu 'amin wa antum bikhair artinya "Semoga sepanjang tahun Anda sekalian berada dalam kebaikan". Jadi, kata ustadz saya, ini juga ungkapan doa. Jawabannya adalah "Amin".

Kullu 'amin wa antum bikhair

Ungkapan Kullu 'amin wa antum bikhair jarang dikemukakan atau tidak familiar saat lebaran, namun banyak juga yang mengucapkannya, terutama di dunia Arab. Doa ini biasanya juga marak saat pergantian tahun.

Akhirul kalam,  Taqabbalallahu minna wa minkum. Amin Ya Rabbal 'Alamin. Met Lebaran! Wasalam. (http://blogromeltea.blogspot.com).*

» Thanks for reading Memahami Ucapan Selamat Idul Fitri

Tags: Catatan, Ramadhan
0 Komentar untuk "Memahami Ucapan Selamat Idul Fitri"

No Spam, Please!

Back To Top