April 21, 2015

Selamat Datang MobileGeddon - Algoritma Terbaru Google 2015

Romel Tea April 21, 2015

Selamat Datang MobileGeddon
Good Bye Blog & Situs-Situs Web yang Tidak Mobile Friendly! Selamat Datang MobileGeddon. Mobilegeddon adalah Algoritma Terbaru Google 2015. Berlaku mulai Rabu 21 April 2015. Kita bisa mecek blog kita sudah responsive atau belum di Mobile-Friendly Test.

Menurut USA Today, jika situs peringkat situs/blog Anda anjlok sejak kemarin, maka Anda kambing hitamnya adalah Mobilegeddon. "Mobilegedon akan berdampak pada bisnis Anda," tulis USA Today.

Mobilegeddon adalah algoritma atau sistem indeks dan pemeringkatan web terbaru Google yang mengutamakan situs/blog yang ramah mobil (mobile friendly) alias responsive.

Menurut Google, seperti dikutip USA Today, MobileGeddon yang digambarkan tampak menyeramkan itu, akan lebih selektif mengindeks dan memeringkat situs/blog di halaman hasil pencarian (SERP).

Google ingin lebih memanjakan pengguna. Dengan algoritma terbaru ini, mesin pencari terpopuler di dunia itu bukan saja ingin memastikan konten yang relevan dan fresh, info terbaru, tapi juga memastikan halaman web yang dibuka itu mudah dibaca dan diakses di smartphone (HP).

blog romeltea mobile friendly
Awesome! This page is mobile-friendly.
Situs atau blog yang sudah menggunakan template responsive gak usah panik. Keep calm! Nah, situs atau blog yang gak responsive, harus segera berubah tampilan menjadi ramah mobil! Pasalnya, Google akan menghukum situs yang gak responsive dengan cara menurunkan peringkatnya sehingga sulit ditemukan user.

Pemberlakuan Algoritma MobileGeddon tidak mengubah kebijakan lama Google: Konten Berkualitas --asli, fresh, bermanfaat, bukan hasil copas, lengkap. Namun, konten berkualitas pun akan kena dampak MobileGeddon jika sang konten sulit dibaca dan diakses di smartphone atau ukuran layar kecil.

Google memberlakukan MobileGeddon seiring pesatnya pertumbuhan penggunaan smartphone untuk mengakses internet. Maka, Google berpihak kepada publik sekaligus membantu blogger / web developer untuk menjadikan blognya ramah pengguna (user friendly) sekaligus ramah mobile device (mobile friendly).

Welcome MobileGeddon! Good bye situs / blog yang gak responsive! :) Wasalam. (http://blogromeltea.blogspot.com).*

No comments:

Post a Comment

No Spam, Please!