Ngeblog Itu Menulis untuk Mesin dan Manusia (Tips SEO Blog)

Posted by | Follow @romeltea

Tips SEO Blog
NULIS di blog atau situs, website, atau media online itu artinya kita berkomunikasi dengan dua jenis "audiens" atau pembaca: mesin pencari dan orang. Ngeblog itu menulis untuk mesin dan manusia. Ini saya sebut sebagai tips SEO Blog dasar.

Seorang blogger, juga editor/admin website instansi/perusahaan, harus mengetahui dan "sadar", tulisan atau postingnya di blog itu untuk dikonsumsi dua jenis pembaca: mesin dan manusia. Mesin, yaitu mesin pencari (search engine), teurtama Google, dan manusia --pembaca (reader), pengguna internet (user), atau pengunjung (visitor).

Karenanya, menulis di blog harus SEO Friendly dan User Friendly.

Tips SEO Blog

SEO Friendly

Search Engine Optimization (SEO) Friendly artinya "bersahabat dengan mesin pencari" sehingga blog dan posting (tulisan) kita mudah dikenali, diindeks, dan "ditawarkan" kepada pembaca.

Agar blog dan posting kita SEO Friendly, kita HARUS menggunakan Template Blog SEO, yaitu template blog yang:
  1. Fast Loading. Tampilannya cepat dan ringan.
  2. Clean. Bersih. Orang neko-neko dengan warna-warni, flash, slider, dan animasi. Tidak "menor".
  3. Meta Tags SEO. Biasanya sudah ada di Templatenya. Kita tinggal klik Template > Edit HTML dan isi kode yang berawalan <meta... dan berakhiran ...description/>.
  4. Heading Tags. Pengaturan heading h1 h2 h3 h4 yang tepat. Heading H1 mutlak hanya untuk judul artikel dan untuk h2, h3, h4 bisa digunakan untuk menulis subjudul yang ada pada artikel tersebut
  5. Breadcrumbs. Navigasi menu di atas judul posting.
  6. Social Share. Sudah terpasang fasilitas sharing ke media sosial --Facebook, Twitter, Google Plus-- di awal atau akhir tiap posting.

User Friendly

Template Blog SEO sebenarnya sudah memenuhi syarat User Friendly atau bersahabat dengan pembaca, bikin nyaman pengunjung, atau enak dilihat dan dibaca.

Ciri template blog User Friendly antara lain:
  1. Loading Page yang cepat dan ringan
  2. Tidak terlalu banyak memasang gambar, iklan, atau banner. 
  3. Ada menu atau daftar Recent Posts, Popular Post, dan Related Post untuk memudahkan user mengakses ke halaman artikel lainnya
  4. Daftar posting di halaman depan (Home) sudah menggunakan Auto Read More otomatis.
Posting SEO & User Friendly: Scannable!
Karena ngeblog itu menulis untuk medin dan manusia, maka posting kita mesti SEO dan User Friendly --mudah diindeks mesin pencari dan enak dibaca user/visitor.

Agar SEO Friendly, maka kata kunci (keywords) atau "topik" tulisan hendaknya ada di judul, awal tulisan, tengah tulisan, dan akhir tulisan.

Agar postingan kita User Friendly, mudah dipindai (scannable), mudah dicerna, mudah dibaca, mudah dipahami, dan "enak dipandang" di layar monitor, maka tampilan naskah atau posting tulisan kita hendaknya:
  1. No Indent. Tidak ada indent atau tekuk kedalam. Beda dengan koran atau majalah (media cetak), media online seperti blog tidak lazim menggunakan indent.
  2. Spasi. Ada spasi atau jarak antar-alinea (antar-paragraf). Harus ada ruang kosong atau "ruang putih" (white space) antar-alinea. Jangan terkesan menumpuk sehingga tidak ekan dibaca!
  3. Jumlah Baris. Sebaiknya jumlah baris dalam satu paragraf maksimal lima saja (five line per alinea). Contoh terbaik dan "terenak dibaca" adalah posting di situs BBC Indonesia. Lihat deh, enak dibaca 'kan? Seringkali satu alinea hanya berisi satu atau dua baris! Yang penting pembaca ngerti dan enak bacanya!
  4. Masih banyak lagi. Baca deh: Kaidah Menulis di Media Online.

Cara Menulis di Blog

Cara terbaik menulis di blog adalah langsung di blog (new entry/entri baru), bukan COPAS dari file MS Office Word, apalagi Copas dari blog orang lain!

Kalau tulisan Anda sudah ada di file Word, baiknya copas dulu ke "Notepad", baru copas ke blog. Ini agar jenis hurufnya sama dengan postingan yang lain, seragam, sebagaimana disetting di post-body - font-family. Wasalam.*

» Thanks for reading Ngeblog Itu Menulis untuk Mesin dan Manusia (Tips SEO Blog)

Tags: SEO Blog
2 Komentar untuk "Ngeblog Itu Menulis untuk Mesin dan Manusia (Tips SEO Blog)"

fast loading paling penting kayanya sob

La iya emang... tuh Fast Loading & Loading Page di urutan no. 1 'kan :)

No Spam, Please!

Back To Top