Tips Menulis di Blog: Posting yang Baik

Posted by | Follow @romeltea

blog seo
Menurut para ahli Online Writing, posting yang baik atau tulisan di blog yang baik –SEO Friendly dan User Friendly– yaitu posting yang to the point (lugas, langsung ke pokok masalah, tidak bertele-tele), ringkas (sekitar 4-5 alinea), per alinea maksimum lima baris, dan ada jarak antar-alinea (white space).
Tulisan di blog tidak mengenal “tekuk ke dalam” (indent) sebagaimana di media cetak. Jadi, datar saja, left alignment, karena yang memisahkan antar-alinea itu tadi, ada jarak antarparagraf berupa “white space”.
Ciri posting yang baik lainnya di antaranya menggunakan bullet/numbering, huruf yang cukup bisa dipindai (scan), dan ada hyperlink
Jenis huruf (font) yang bagus buat blog, katanya sih, adalah Verdana, Arial, Tahoma, San Sherif, dan Georgia dengan besar huruf antara 10-14 point.
Itu posting yang baik dari segi teknis. Dari sisi substansi, posting yang baik adalah posting yang mudah dipahami, aktual, asli (karangan sendiri, bukan hasil copas apalagi jiplak), unik, dan bermanfaat bagi user.
Posting blog yang baik:
  1. to the point (lugas, langsung ke pokok masalah, tidak bertele-tele)
  2. ringkas (sekitar 4-5 alinea)
  3. per alinea maksimum lima baris
  4. ada jarak antar-alinea (white space).
  5. menggunakan bullet/numbering
  6. huruf yang cukup bisa dipindai (scan)
  7. ada hyperlink.
  8. menggunakan jenis huruf Verdana, Arial, Tahoma, San Sherif, atau Georgia
  9. besar huruf antara 10-12 point.
Menulis di blog tidak sama dengan menulis di media cetak, juga tidak sama dengan menulis naskah siaran radio (radio script). Alasan utamanya, tulisan di blog --dikenal dengan nama posting-- bukan untuk dibaca, tapi untuk di-scan oleh mata user.

Satu lagi, menulis di blog katanya harus banyak --tapi jangan kebanyakan-- mengulang kata kunci (keywords). Misalnya, posting saya ini kata kuncinya "Tips Menulis di Blog" dan "Posting yang Baik", maka sebaiknya saya sering --tapi jangan keseringan-- mengulang penulisan kalimat "Tips Menulis di Blog" dan "Posting yang Baik". 

Dengan begitu, katanya, posting kita akan memenuhi "keyword density" dan mudah terindeks mesin pencari, khususnya Google. Selamat mencoba. (www.romelteamagazine.blogspot.com).*

» Thanks for reading Tips Menulis di Blog: Posting yang Baik

0 Komentar untuk "Tips Menulis di Blog: Posting yang Baik"

No Spam, Please!

Back To Top