Cara Memilih Nama Blog dan Nama Domain

Follow @romel_tea
Cara Memilih Nama Blog dan Nama Domain
Cara memilih nama blog yang benar harus kita lakukan agar nama blog mudah diingat, mudah ditulis, mudah diucapkan, ramah mesin pencari (seo friendly) sekaligus ramah pengguna (user friendly).

Bayangkan kalau nama blog Anda "rumit", tidak memenuhi kriteria di atas, saat ada yang tanya dari jauh "nama blogmu apa?", maka jawabannya akan "ribet".

Tapi kalu blognya memenuhi kriteria di atas, minimal mudah diucapkan, maka jawabannya gampang: "blogromeltea" atau "romeltea".

Nama blog juga harus "wajar" dan rasional (masuk akal). Harus ada artinya. Blog Romeltea artinya blog milik Romeltea. Romel Tea nama on air saya ketika aktif jadi penyiar radio dan nama online saya sejak pertama kali kenal internet (bikin email, romeltea@yahoo.com).

Pengertian Nama Blog

Nama blog (blog name) adalah judul blog (blog title). Nama blog berbeda dengan nama domain.  Perhatikan "formulir" membuat blog berikut ini:

Cara Memilih Nama Blog yang Benar

Kolom pertama (Title) adalah Nama Blog. Kolom kedua (Address) adalah url atau alamat blog alias nama domain (domain name).

Nah, pastikan nama blog dan address (nama domain) relevan, selaras, equal, sama atau mendekati sama dengan nama blog.

Jangan begini, nama blognya misalnya Romeltea Media, eh... addressnya malah blogromeltea.blogspot.com.

Yang baik dan benar,  jika nama blognya Romeltea Media, maka nama domain atau address-nya romelteamedia.blogspot.com. Jika nama blognya Blog Romeltea, maka nama domainnya juga blogromeltea.

Cara Memilih Nama Blog dan Nama Domain

Berikut ini cara memilih nama blog dari Daily Blog TipsAda tiga aturan sederhana dalam memilih nama blog:

1. Menggambarkan blog Anda.

Nama blog sebaiknya menggambarkan konten blog atau menggambarkan pemilik blog. Kalau punya saya ini (Blog Romeltea) menggambarkan keduanya, ya pemilik (Rometea) ya konten (blogging), meski konten blog ini tidak melulu soal blogging.

Jika blog Anda berisi tentang sepakbola, maka nama sepakbola atau bola harus menjadi nama blog atau bagian dari nama blog, misslnya Blog Sepakbola, Blog Bola, Info Bola, Bola Update, Info Sepakbola, dan sejenisnya.

Address atau nama domainnya menyesuikan, minimal ada nama sepakbola atau bola, sebagai kata kunci (keywords) untuk kepentingan pengoptimalan mesin telusur (SEO).

2. Mudah diingat.

Nama blog yang mudah diingat itu ringkas, pendek, satu kata atau dua kata, juga mudah ditulis, gampang diketik, mudah diucapkan juga!

3. Sama dengan nama domain

Aturan memilih nama blog ini sering diabaikan, terutama oleh blogger pemula.

Seperti disebutkan di atas, pastikan nama blog dan nama domain (address, url) relevan, selaras, equal, sama atau mendekati sama dengan nama blog.

Saya suka menemukan nama blog yang berbeda dengan alamatnya. Misalnya, nama blognya Literasi Media, eh... alamatnya blognya vanessaangel.blogspot.com. Kan jadinya "jaka sembung"?

Sebagai perbandingan, perhatikan nama-nama situs berita dan nama domainnya. Detik (detik.com), Kompas (kompas.com), Republika (republika.co.id), Liputan6 (liputan6.com), Viva (viva.co.id), Antara (antaranews.com), CNN (cnn.com). Nama situs dan nama domain sama, selaras.

Itu dia Cara Memilih Nama Blog dan Nama Domain. Wasalam. (Blog Romeltea).*

Thanks for reading Cara Memilih Nama Blog dan Nama Domain | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

Related Posts

Your Comments

No Spam, Please!