Sakit Pinggang? Sembuhkan Dengan Daun Tempuyung!

Follow @romel_tea
Daun Tempuyung Obat Sakit Pinggang dan Stamina
Daun Tempuyung Obat Sakit Pinggang dan Penambah Stamina. Ada 33 Khasiat Lainnya!

Karena "Faktur U" dan penyebab lain, saya sering mengalami sakit pinggang. 

Sejak dua tahun terakhir, begitu sakit pinggang, saya minum air daun tempuyung. Rasanya mirip rasa teh, namun pahit. Tapi gak pahit-pahit amat. 

Sebanyak 4-5 lembar daun tempung direbus, lalu dituangkan ke gelas. Nah, airnya itu yang diminum. Alhamdulillah, atas izin Allah SWT, melalui wasilah khasiat daun tempuyung itu, sakit pinggang hilang. Sembuh.

Awal mula kebiasaan menyembuhkan sakit pinggang dengan daun tempuyung, dikasih tau seorang jamaah masjid di kompleks. 

Ketika saya mengeluh sakit pinggang, ia langsung menuju tanaman daun tempuyung yang ada di halaman masjid dan memetik empat lembar daunnya.

"Yeuh, tinyuh ku cai panas, dileueut, insya Allah damang," katanya. Tadinya saya kurang yakin, tapi karena yang memberi tahu itu orang yang sudah berpengalaman, saya turuti. Alhamdulillah, sembuh.

Bukan hanya itu, ternyaa daun tempuyung pun membantu menjaga stamina, badan jadi "siap tempur" untuk "aktivitas tertentu'.

Sudah lama memanfaatkannya, namun baru hari ini, Selasa (11/9/2018), bertepatan dengan 1 Muharram 1440 H, saya coba cari tahu lebih jauh tentang daun tempuyung dan kaitannya dengan sakit pinggang.

Khasiat Daun Tempuyung, Banyak!

Hasil Googling, ternyata manfaat atau khasiat daun tempuyung banyak banget! Laman Halo Sehat menyebutkan 33 khasiat, termasuk wasir, kencing batu, luka bakar, darah tinggi, asam urat, memar, panas demam, dan melancarkan buang air.

Tempuyung (nama Latin ''Sonchus Arvensis'') merupakan salah satu tanaman obat yang berkhasiat. Selain nama Latin, tempuyung juga memilki nama daerah seperti lobak air, lempung jombang, galibug, lampenas, dan rayana. (Wikipedia)

Tempuyung punya nama beragam di tiap-tiap daerah. Di Jawa sering disebut galing, jombang, jombang lalakina, lempung, lampenas, rayana (Sunda), tempuyung (Jawa Tengah). 

Tempuyung merupakan jenis herba yang tumbuh dengan bebas di alam dan dapat dengan mudah ditemukan, terutama di tempat yang agak terlindungi dari sinar matahari. Tempuyung sebagai bahan dalam pengobatan tradisional telah lama digunakan, bahkan saat ini ekstrak daun dari tanaman ini pun telah dijadikan komponen dasar dari obat dokter.

Bahkan, dilansir Kompas, ternyata daun tempuyung juga berkhasiat menghancurkan batu ginjal.

"Tempuyung juga dikenal dapat membantu menurunkan tekanan darah dan alternatif penghancur batu ginjal," tulis Kompas. 

Disebutkan, tempuyung biasa tumbuh di tempat-tempat yang terlindung. Daunnya hijau licin dengan sedikit ungu, tepinya berombak, dan bergigi tidak beraturan. 

Di dekat pangkal batang, daun bergigi itu terpusar membentuk lekukan dan yang terletak di sebelah atas memeluk batang berselang seling. Daun berombak memeluk batang inilah yang dipercaya memiliki efek farmakologis, di antaranya: menghilangkan rasa panas dan racun, diuretik (peluruh kencing), penghancurkan batu ginjal, dan menurunkan tekanan darah tinggi. 

Menurut hasil penelitian Prof. Dr. Sarjito dari UGM, daun tumbuhan ini dapat digunakan sebagai obat dengan kandungan kimia saponin, flavonoida, politenol, alfa-lactucerol, beta-lactucerol, manitol, inositol, silika, kalium, taraksasterol. 

Kandungan kalium dalam tempuyung dapat membantu menghancurkan batu ginjal. 

Secara umum, daun tempuyung dimanfaatkan untuk menjaga kondisi kesehatan tubuh dengan memakannya langsung sebagai lalap, minuman, dengan memanfaatkan rebusan air daunnya dan menggunakan sebagai ramuan dengan ditambahankan bahan tertentu. 

Sebagai lalapan: Anda bisa mengambil sekitar lima lembar atau lebih daun tempuyung segar. Setelah dicuci, daun diasapkan sebentar, kemudian dimakan sekali habis sebagai lalap bersama nasi. 

Ambilah dua lembar daun tempuyung kering disedu dengan air satu gelas minum seperti membuat teh. Air seduhan inilah yang diminum sebagai obat. Dalam sehari kita bisa meminumnya sebanyak tiga kali, sampai batu ginjal hilang. 

Setelah mengetahui manfaat daun tempuyung begini, saya makin yakin dapat menjadikan dayun tempuyung sebagai salah satu andalan menyembuhkan sakit pinggang dan "menambah stamina". Wasalam. (blogromeltea.blogspot.com).*

Thanks for reading Sakit Pinggang? Sembuhkan Dengan Daun Tempuyung! | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

Related Posts

Your Comments

No Spam, Please!