Google AdSense Bermasalah: Pembayaran Otomatis Tertunda

Follow @romel_tea
Pembayaran Google AdSense Bermasalah? Ada Status "Pembayaran Otomatis Tertunda"? Bagaimana mengatasinya? Haruskah panik?


Update dari Forum Bersosial

Sampai saat ini (27/11/2019) pembayaran dari beberapa publisher belum bisa cair. Informasi dari pihak adsense support. mengatakan, permasalahan bukan dari pihak google, karena google sudah membayarkan pada publisher serentak di tanggal 21 waktu USA.

Sumber masalah ada di pihak Western union, dan pihak google saat ini sudah melakukan peninjauan ulang terkait masalah ini.

Tanggal 28 november 2019, masih belum ada tanda - tanda pencairan. Mengutip dari halaman forum Google, Kasusnya memang bukan dari pembayaran melalui WU saja...Tapi transfer bank juga.

Kebanyakan yang bermasalah (sebagian) adalah negara Indonesia, Thailand, Vietnam, Philipina, Pakistan. Khususnya untuk akun adsense yang ada pilihan motede pembayaran dengan WU. Sampai sekarang juga tidak ada penjelasan resmi dari pihak Google.

TANGGAL 22 biasanya saya "gajian" dari Google (AdSense). Namun, kali ini, hingga 23 November 2019, belum ada pemberitahuan bahwa pembayaran sudah dilakukan.

Di dashboard akun AdSense, tertera keterangan "Pembayaran Otomatis Tertunda". Gak jadi ke kantor pos deh untuk ngambil duit!

Mengapa pembayaran tertunda? Rupanya, tanggal 22-23 November 2019 merupaan hari libur di kantor Google AdSense, California, Amerika Serikat (USA), meskipun pembayaran diserahkan ke kantor cabang Google kawasan Asia Pasific. Indonesia masuk wilayah Google Singapura.

Tanggal 22 November 2019, di Amerka Serikat merupakan hari libur nasional "Thanksgiving Day” sehingga bank tutup.

Keesokan harinya, Sabtu 23 November 2019 merupakan hari libur akhir pekan. Demikian pula tanggal 24 (Minggu). Bank baru buka tanggal 25 untuk memproses pembayaran AdSense.

Dengan demikian, pembayaran AdSense akan dilakukan pada Senin waktu Amerika Serikat atau hari Selasa waktu Indonesia.

Itulah penyebab Pembayaran Otomatis Tertunda.

Kasus Sebelumnya: Pembayaran Tertunda Mei

Masalah Pembayaran Otomatis Tertunda Google AdSense
GOOGLE biasanya tepat waktu memberikan pembayaran komisi bagi publisher Google AdSense. Namun, pembarayan Mei 2016 terlambat.

Biasanya tiap tanggal 22 sudah ada email notifikasi pembayaran dan penghasilan bisa langsung dicairkan di kantor pos --saya pake metode pembayanan Wester Union.

Kali ini, notifikasi pembayaran baru muncul di inbox email tanggal 25 Mei 2016. Telat tiga hari! Masalah tidak sampai di situ, karena ternyata, ketika login ke akun Google untuk mengecek pembayaran, statusnya tertunda: Pembayaran Otomatis Tertunda.

Di kolom Saldo yang biasanya nol, kali ini juga masih tertera angka. Apa masalahnya? Saya panik? Sedikit..... :)

Menurut hasil Googling, pembayaran otomatis tertunda karena di negara tempat pembayaran hari libur. Tanggal 21-22 Mei memang akhir pekan, Sabtu-Minggu, jadi sistem terhenti sejenak karena pada liburan.


Namun, Senin - Selasa- Rabu sudah 'gak libur 'kan? Kok baru Rabu muncul pemberitahuan pembayaran? Dengan catatan itu tadi: ada masalah Pembayaran Otomatis Tertunda.


Alhamdulillah saja, statusnya TERTUNDA, bukan DIBATALKAN. Kalau tertunda, artinya tinggal tunggu saja, sabar dikit, nanti juga kelar dan lancar as usual.

Status pembayaran otomatis tertunda tidak berlangsung sampai 24 jam kok. Dicek malam hari, sudah normal. Pembayaran sudah dilakukan. Penghasilan AdSense sudah bisa dicairkan sebagaimana biasa. Alhamdulillah....

Penyebab Pembayaran Otomatis Tertunda Google AdSense

Jadi, apa dong penyebab pembayaran tertunda begitu? Seperti dijelaskan di atas, kemungkinan penyebab utamanya adalah karena 21-22 Mei itu akhir pekan alias hari libur.

Google bukannya telat membayarkan, tapi WU-nya yang libur, sehingga pembayaran belum diproses dan baru kelar Rabu.

Bisa dibilang, Google AdSense bermasalah dalam hal pembayaran otomatis (tertunda), bukan masalah besar. Yang jadi masalah besar mah, bagi saya sebagai publisher GA, jika penghasilan tidak mencapai 100 dolar per bulan --jumlah minimum payment yang saya pilih di akun GA.

Anda belum diterima jadi Publisher Google AdSense? Baca deh: Panduan AdSense. Wasalam. (www.blogromeltea.blogspot.com).*

Thanks for reading Google AdSense Bermasalah: Pembayaran Otomatis Tertunda | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

Related Posts

Your Comments

7 komentar:

  1. makasi infonya,barusan saya ceck hari ini pembayaran youtube saya di adsence juga tertunda.kalo boleh curhat dikit,saya pun sempat panik & bingung eh coba2 browsing malah mampir ke informasi ini yg di tulis oleh orang hebat.
    Sekian ya,salam dari saya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kembali... so don't be panic, do you? :)

      Delete
  2. Pembayaran Anda saat ini sedang ditangguhkan. Diperlukan tindakan untuk mencairkan pembayaran.

    Maksud nya apa ya gan...

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya itu... Diperlukan tindakan untuk mencairkan pembayaran, bisa jadi tindakan proses oleh WU atau Banknya, bisa juga oleh Anda, silakan cek, biasanya ada link tindakan yang diperlukan jika harus oleh kita.

      Delete
    2. bg saya juga sama seperti NIKI KOPI.

      Pembayaran Anda saat ini sedang ditangguhkan. Diperlukan tindakan untuk mencairkan pembayaran.

      Mohon Pencerahannya Gan...?

      Delete
  3. Pembayaran Anda saat ini sedang ditangguhkan. Diperlukan tindakan untuk mencairkan pembayaran.

    Gan Saya sama kejadiannya Dengan NIKI KOPI, Itu maksudnya apa ya gan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa terkait verifikasi alamat, pajak, dll. Selengkapnya di sini: https://support.google.com/adsense/answer/1714364?hl=id

      Delete

No Spam, Please!