December 10, 2015

Cara Mengisi Blog yang Baik dan Benar

Romel Tea December 10, 2015

konten blog berkualitas
Cara Mengisi, Membuat Konten, atau Menulis Posting Blog yang Baik dan Benar.

MENGISI blog adalah bagian paling menantang dan berat dalam ngblog (blogging). Setelah kita membuat blog, misalnya di Blogger atau di WordPress, tentu kita harus mengisinya.

Isi blog dikenal dengan istilah konten (content). Ia bisa berupa tulisan (teks), gambar, audio, video, atau gabungan semuanya (multimedia).

Konten blog disebut juga posting atau blog post dalam bahasa Inggris. Posting artinya mengirimkan sesuatu melalui blog kepada pembaca.

Pembaca (reader) blog atau website pada umumnya disebut pengunjung (visitor), atau pengguna (user). Disebut reader karena mereka membaca tulisan kita di blog.

Disebut visitor karena berkunjung dengan membuka halaman blog kita. Disebut pengguna karena mereka menggunakan internet dan perangkat untuk membaca isi blog kita.

Cara Mengisi Blog yang Baik dan Benar
Agar pengunjung blog senang, puas, dan rajin membuka blog kita, tentu kita harus rajin mengisi blog dengan konten atau posting berkualitas (quality content).

Bagaimana Cara Mengisi Blog yang Baik dan Benar? Kita merujuk saja pada Panduan Konten dari Google:

Prinsip dasar pertama dalam membuat Konten Berkualitas menurut Google adalah  menulis untuk user (pengguna, pembaca, pengunjung), bukan untuk mesin pencari. Jadi, fokusnya adalah menulis untuk pembaca, bukan untuk Google. Karenanya, menulislah dengan "wajar", normal, "dengan hati", dengan mengangkat topik yang sekiranya berguna dan dicari user.

"Jangan menipu pembaca Anda!" kata Google. "Hindari trik yang dimaksudkan untuk meningkatkan peringkat mesin pencari."

Yang paling penting adalah apakah Anda merasa nyaman menjelaskan apa yang telah Anda lakukan ke laman web pesaing Anda, atau kepada karyawan Google. Pengujian berguna lainnya adalah menanyakan, "Apakah ini membantu pengguna saya? Akankah saya melakukan ini jika tidak ada mesin telusur?"

Google menyarankan agar blogger memikirkan saja tentang apa yang membuat blognya unik, berharga, atau menarik. "Buat situs web Anda menonjol dari yang lain di bidang Anda," kata Google.

Karakteristik Konten Berkualitas

Selain uni, berharga, dan menarik --yang terdengar "terlalu umum" bagi banyak blogger, konten berkualitas memiliki ciri-ciri sebagai berikut:
  1. Berguna, bermanfaat.
  2. Kaya informasi, lengkap, sesuai dengan yang diinginkan pembaca.
Yang tidak kalah penting adalah tips seo dari Google berikut ini:
"Pikirkan kata-kata yang akan diketik pengguna untuk mencari laman Anda, dan pastikan bahwa situs Anda memuat kata-kata itu."

Pedoman Kualitas

  1. Buatlah blog yang utamanya untuk pembaca (pengunjung), bukan untuk mesin pencari.
  2. Jangan menipu user Anda! Jangan membuat judul tulisan yang isinya tidak tergambar di judul.
  3. Jangn copy paste (copas) atau republish tulisan lain. Buatlah tulisan yang asli, orisinal, buatan sendiri.
  4. Buatlah kata kunci yang relevan dengan deskripsi blog.
Masih banyak pedoman konten berkualitas lainnya, termasuk pedoman SEO dan Peringatan Bagi Pengguna Jasa SEO dari Google.
Pedoman selengkapnya bisa Anda baca di Pedoman Webmaster dari Google.
Dengan mengikuti panduan Google, maka kita sudah melaksanakan Cara Mengisi Blog yang Baik dan Benar.*

No comments:

Post a Comment

No Spam, Please!