Membuat Kotak Berlangganan (Subscription Box) di Bawah Posting Blog

Romeltea | Follow @romel_tea

Kotak Berlangganan (Subscription Box)
Cara Membuat Kotak Berlangganan (Subscription Box, Follow by Email) di Bawah Posting Blog

KOTAK berlangganan adalah "formulir" yang dipasang di sidebar atau di bawah postingan blog, bisa juga "melayang" (floating) atau "muncul" (pop up) untuk pembaca yang ingin mengikuti update posting via email. Disebut juga"Email Subscription Box".

Trafik blog akan terjaga dan meningkat (traffic increases) jika banyak pengunjung yang berlangganan newsletter yang dibuat dan dikirim gratis via Feedburner Google ini. Email pembaca juga aman dan terkendali.

Sebelumnya saya sudah share cara membuat kotak berlangganan responsive sebagai salah satu cara meningkatkan jumlah pengunjung blog.

Sebelum memasang kotak berlangganan alias follow by email, kita harus daftarkan dulu blog kita di Feedburner. Yang belum daftar, sila baca: Cara Daftar Blog ke Feedburner. Nanti kita dapatkan ID Feedburner di sana.

Selain mendapatkan ID Feedburner untuk dimasukkan ke kode Subscription Box, di sana juga kita bisa setting share otomatis update posting blog ke Twitter. Dari twitter nanti bisa share otomatis juga ke Facebook.

Cara Membuat Kotak Berlangganan Bawah Posting

Berikut ini cara pasang kotak berlangganan sebagaimana yang saya pasang di blog ini, di bawah postingan. Ini penampakannya:

Kotak Berlangganan

1. Klik menu "Template" > "Edit HTML"
2. Simpan kode CSS berikut ini di atas kode ]></b:skin> atau </style>


KODE CSS:


.sub-dd{border: 1px solid rgb(204, 204, 204); padding: 6px 0; text-align: center; font-size:14px; font-style: italic; font-family: Georgia,Arial,serif;}

3. Copas kode berikut ini di bawah kode <data:post.body/> yang kedua atau ketiga.

KODE HTML/XML:

<form action='http://feedburner.google.com/fb/a/mailverify' class='sub-dd' method='post' onsubmit='window.open(&apos;http://feedburner.google.com/fb/a/mailverify?uri=blogromeltea&amp;loc=en_US;, &apos;popupwindow&apos;, scrollbars=yes,width=550,height=520&apos;);return true' target='popupwindow'>Subscribe to this Blog via Email : <input name='email' style='width: 160px; background-color: rgb(255, 255, 160);' type='text'/> <input name='uri' type='hidden' value='blogromeltea'/><input name='loc' type='hidden' value='en_US'/><input type='submit' value='Subscribe'/> </form>


4. Ganti tulisan warna merah dengan ID Feedburner Anda.
5. Save Template!

Ada model Kotak Berlangganan yang lebih keren gak? Buanyaaak....! Banyak. Silakan cek di Google. (http://blogromeltea.blogspot.com).*

Previous
« Prev Post
Author Image

Romeltea
Romeltea adalah onair dan online name Asep Syamsul M. Romli aka Kang Romel. Praktisi Media, Blogger, Trainer Komunikasi from Bandung, Indonesia. Follow me: facebook twitter instagram linkedin youtube

Recommended Posts

Related Posts

Show comments
Hide comments

No comments on Membuat Kotak Berlangganan (Subscription Box) di Bawah Posting Blog

Post a Comment

No Spam, Please!