Daftar Anti Virus yang Wajib Dipasang di Komputer Anda

Romeltea | Follow @romel_tea

Daftar Anti Virus Wajib Pasang di Komputer, Laptop, Netbook, atau Netbook.

Daftar Anti Virus yang Wajib Dipasang di Komputer Anda
DAFTAR Anti-virus yang wajib diinstal atau dipasang di komputer ini sudah saya instal dan jalankan juga di komputer saya selama ini, termasuk desktop, laptop/notebook, dan netbook, bahkan juga di SmartPhone. Terbukti, mereka menjadi "Satpam" yang menjaga keamanan komputer dan browsing internet.

Soal Anti Virus ini memang banyak pilihan. Entah ada berapa jenis anti virus, termasuk anti virus yang suka nyantol di FlashDisk dan "blusukan" lewat internet --Adware, Spyware, Malware, dan wer-wer lainnya.

Bukan hanya aktivitas "kantoran" yang bisa terganggu jika komputer kena virus, tapi juga browsing, surfing, dan... blogging!

Top 3 Anti Virus Wajib Pasang di Komputer:
1. Avast!
2. Smadav
3. AdwCleaner

AVAST! (Link Download)
Saya pake Avast sudah bertahun-tahun dan sejauh ini aman dan nyaman, meski yang saya instal hanya Avast! 4 Home gratisan.

Avast adalah antivirus freeware untuk mencegah beberapa ancaman komputer, termasuk beberapa program yang secara harafiah bukan virus komputer seperti spyware, bahkan anti-spyware palsu, juga menyediakan basis data pemulihan (recovery database) yang akan memulihkan data yang terinfeksi, bukan menghapusnya. (Wikipedia)

SMADAV (Link Download).
Logo antivius yang satu ini mirip logo Dompet Dhuafa (DD) ya? Atau DD yang terinspirasi Smadav? Yang jelas, logo Smadav lebih dulu ketimbang logo DD.

Antivirus Smadav saya pasang untuk "menemani" Avast. Gak berantem (bentrok/konflik) kok! Rukun-rukun saja tuh....!

Ada 4 fungsi utama Smadav seperti disebutkan di situs resminya:

  1. Proteksi tambahan untuk komputer Anda, 100% kompatibel dengan antivirus lainnya!
  2. Best USB Antivirus (Proteksi Total USB Flashdisk)
  3. Best for offline use (tidak perlu update terlalu sering)
  4. Cleaner dan tools untuk membersihkan virus

Yang paling menonjol adalah fungsi kedua: perlindungan menyeluruh terhadap FlashDisk yang suka keluar-masuk komputer. Smadav pula yang bisa memunculkan file-file yang disembunyikan (hidden) oleh si virus jahanam.

ADWCLEANER (Link Download)
Soal keampuhan "Pembersih Adware" (Adware Cleaner) ini sudah saya share di posting sebelumnya:
  1. Hapus Virus Sweet-Page.com dengan Adware Cleaner
  2. Cara Mengatasi Virus Adware Istart.Webssearches.com
Intinya, dengan aplikasi gratis itulah cara mudah dan cepat menghapus virus internet (Adware, Malware, Spyware) seperti Istart.Webssearches.com, Sweet-Page, ValueDealShopper, Canadaalltax, dll.

Selain AdwCleaner, ada juga software/freeware dan aplikasi sejenis, yakni CCleaner, MalwareByte, dan ComboFix. Mungkin masih banyak yang lain.

Itulah "pengajian" kita kali ini tentang Daftar Anti Virus yang Wajib Dipasang di Komputer Anda. Semoga bermanfaat. Wasalam.*

Previous
« Prev Post
Author Image

Romeltea
Romeltea adalah onair dan online name Asep Syamsul M. Romli aka Kang Romel. Praktisi Media, Blogger, Trainer Komunikasi from Bandung, Indonesia. Follow me: facebook twitter instagram linkedin youtube

Recommended Posts

Related Posts

Show comments
Hide comments

4 comments on Daftar Anti Virus yang Wajib Dipasang di Komputer Anda

  1. oh, klo pake avast apa harus update jga y mas...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Avast! otomatis update jika komputer connected ke internet

      Delete
  2. Saya juga pake avast, kalau mau download file penting harus di non aktifkan sementara dulu antivirusnya, takutnya file yg di download itu file yang bervirus (pengalamn pribadi waktu download theme wordpress) Canggih juga ya Avast. Recommended deh. Kalau admin pake apa? bisa share? warm regards.

    ReplyDelete
    Replies
    1. dibaca lagi tulisannya.. itu ada di alinea pertama.... :)

      Delete

No Spam, Please!