November 4, 2013

12 Tips Menulis untuk Media Online (Online Writing)

Romel Tea November 4, 2013

menulis online
Format tulisan di media online berbeda dengan tulisan di media cetak. Ada format dan teknik tersendiri dalam menulis untuk media online (online writing) sesuai dengan karakter pembaca dan media online itu sendiri.

Kebanyakan membaca media online (online reading) sebenarnya bukan membaca seperti membaca suratkabar atau media cetak lainnya. Online reading lebih berupa "skimming and scanning", penelusuran dan pemindaian. Dengan demikian, untuk menarik perhatian pembaca, penulis online harus menghindari penulisan kata-kata yang sia-sia (waste words).

Berikut ini 12 Tips Menulis untuk Media Online (Online Writing):

  1. Tulis judul dan subjudul yang penuh makna.
  2. Tuliskan poin atau ide utama di bagian awal tulisan atau paragraf pertama (lead).
  3. Gunakan paragraf/alinea pendek.
  4. Tuliskan poin-poin penting dalam daftar bullet atau nomor.
  5. Letakkan item-item sebuah daftar dalam bentuk paralel (sejajar).
  6. Jangan takut gunakan kata ganti "saya", "Anda", dan "Kami" atau "Kita".
  7. Gunakan kalimat aktif. Hindari sekuat mungkin kalimat pasif.
  8. Gunakan imperatif (kata perintah) saat memberikan nasihat atau instruksi.
  9. Beri penanda khusus (highlight) untuk kata kunci artau frasa penting --misal warna lain, huruf tebal, atau miring.
  10. Buang informasi yang tidak relevan dan detail pengulangan.
  11. Hapus perubahan yang tidak bermakna.
  12. Abaikan tips menulis online mana pun kecuali Anda akan menulis sesuatu yang kasar dan tidak jelas.
Do these guidelines hold true for all forms of online writing all the time? No. Not if you're writing fiction, for instance, or if your primary aim is to entertain rather than inform.

Apakah panduan menulis online di aras berlaku untuk semua penulisan online? Tidak. Tidak berlaku jika Anda menulis karya fiksi, misalnya, atau jika tujuan utama menulis Anda adalah lebih untuk menghibur (to entertain) ketimbang memberi informasi (to inform). (Sumber)

No comments:

Post a Comment

No Spam, Please!