Manfaat Punya Blog: Ekspresi, Berbagi, Promosi!

Romeltea | Follow @romel_tea

manfaat blog
Manfaat Punya Blog itu banyak banget. Tadi sore saya ngobrol dengan seorang teman, blogger juga. Ia menceritakan pengalamannya setelah ngeblog. Ia bercerita tentang manfaat blog bagi dirinya, seperti banyak yang konsultasi via email, minta dia jadi MC, hingga minta dia jadi pembicara.

Pengalaman sang blogger tadi, saya alami juga. Kami pun sharing dengan teman lain yang hadir saat itu, tentang manfaat blog. Saya bilang, fungsi utama blog itu ada tiga, yaitu expression, sharing, dan branding. Ekspresi, Berbagi, Promosi!

1. Ekspresi Diri (Self Expression), seperti moto blog WordPress.com yang lama: Express Your Self! Katanya sih, menurut sebuah penelitian, self expression itu sumber kebahagiaan nomor satu!

2. Sharing atau berbagi. Bisa dibilang "Sedekah Ilmu". Ini yang jadi moto blog wordpress.com sekarang: Share with The World, Your Community, or Your Closest Friend! Berbagilah dengan dunia, dengan komunitas Anda, atau dengan teman terdekat Anda! Kata ustadz saya, semakin banyak kita berbagi (memberi), maka akan semakin banyak kita menerima. Amin.....!

3. Personal Branding. Arti personal branding, menurut Wikipedia, adalah "...the practice of people marketing themselves and their careers as brands." Waduh, apa terjemahannya yang tepat ya? Intinya, blog itu merupakan salah satu sarana memperkenalkan diri, promosi diri, dan "jual diri". Dengan punya blog dan sering update, orang-orang bakalan tahu kompetensi kita, integritas kita, wawasan kita, dan banyak hal tentang kita.

Selain ketiga hal tersebut, tentu masih banyak manfaat punya blog lainnya, seperti "mengikat ilmu", mendokumentasikan pengetahuan dan pengalaman, berusaha keep in touch dengan teman-teman lama yang entah di mana, mendatangkan teman baru, kenalan baru, dan sebagainya.

Bahkan, saat ini blog identik dengan bisnis online. BLOG IS BUSINESS! Begitu katanya. Blog itu bisnis. Kita bisa promosi dan memasarkan produk dan jasa kita di blog. Kita juga bisa membuat blog khusus untuk usaha atau bisnis, namanya... bisnis online, toko online, online store, e-commerce, atau e-marketing.

Anda sudah punya blog? Kalau belum, bikin deh.... Bisa di Blogspot, Wordpress, atau Self Hosting. Good Luck! (www.blogromeltea.blogspot.com).*

# Blog Romeltea: Blog tentang Blog, Media, Jurnalistik, SEO Blog, Template Blog, Wordpress Theme, MC, radio, sepakbola. URL > http://blogromeltea.blogspot.com

Previous
« Prev Post
Author Image

Romeltea
Romeltea adalah onair dan online name Asep Syamsul M. Romli aka Kang Romel. Praktisi Media, Blogger, Trainer Komunikasi from Bandung, Indonesia. Follow me: facebook twitter instagram linkedin youtube

Recommended Posts

Related Posts

Show comments
Hide comments

1 comment on Manfaat Punya Blog: Ekspresi, Berbagi, Promosi!

No Spam, Please!