SEO Blog: Fungsi Meta Tags Menurut Google

Romeltea | Follow @romel_tea

Meta Tags adalah kode HTML yang berisi label terkait informasi sebuah halaman web (web page), website, atau blog. 


SEO Blog: Fungsi Meta Tags Menurut Google

Webopedia.com mendefinisikan Meta Tags sebagai label HTML yang menyajikan informasi tentang sebuah laman situs, misalnya siapa yang membuat laman, seberapa sering diperbarui, laman tentang apa (konten/isi), dan kata kunci apa yang merepresentasikan isi laman. Banyak mesin pencari menggunakan informasi tersebut ketika membangun indeks mereka.

Meta Tags, dengan demikian, merupakan "identitas" sebuah website/blog sekaligus "tanda pengenal" bagi mesin pencari. Meta Tags bukan untuk dikonsumsi user (pengguna), visitor (pengunjung), atau reader (pembaca) blog, tapi untuk mesin pencari. 

Pembaca bisa saja mengenali sebuah blog dari sisi Meta Tags, yaitu dengan "klik kanan" dan "view page source" dan/atau "view page info" --kecuali blog yang klik kanannya "dikunci" (disable right click).

Fungsi Meta Tags Menurut Google

Banyak tips, kiat, atau teknik soal Meta Tags ini. Intinya menyebutkan betapa penting Meta Tags bagi popularitas, ranking, atau kemudahan terindeks mesin pencari, khususnya Google.

Benarkah Meta Tags bisa menaikkan traffic pengunjung blog? Mari kita simak kata Google.

Menurut GoogleMeta Tags merupakan "cara hebat" (great way) bagi para pembuat web atau blogger untuk memberikan informasi kepada mesin pencari tentang situs mereka. 

Cara menggunakan atau menambahkan Meta Tags adalah dengan memasukkan kode di seksi <head> laman HTML blog dan umumnya tampak seperti ini:

<!DOCTYPE HTML PUBLIC "-//W3C//DTD HTML 4.01 Transitional//EN"
"http://www.w3.org/TR/html4/loose.dtd">
<html>
<head>
<META NAME="Description" CONTENT="Author: A.N. Author, Illustrator: P. Picture,
Category: Books, Price: £9.24, Length: 784 pages">
<META http-equiv="Content-Type" CONTENT="text/html; charset=iso-8859-1">
<META NAME="google-site-verification" CONTENT="+nxGUDJ4QpAZ5l9Bsjdi102tLVC21AIh5d1Nl23908vVuFHs34="/>
<title>Example Books - high-quality used books for children</title>
<META NAME="robots" CONTENT="noindex,nofollow">



Dari contoh Meta Tags Google tersebut, kita melihat tidak ada "Meta Keywords/Keywords Tag" (kata kunci). 

Mengapa? 

Karena sudah lama Google menyatakan "tidak menggunakan kata kunci untuk mengindek/memeringkat sebuah blog". 

Kabarnya, Google tidak lagi menghiraukan kata kunci karena banyak terjadi "penyalahgunaan kata kunci" oleh para blogger, misalnya blog tentang "jualan jam tangan" malah berisi kata kunci "download film terbaru" sehingga "jaka sembung" (gak nyambung!).

Jadi? 

Ya kalo kata Google begitu mah, Meta Tags blog kita cukup ini saja:

1. Title Tag
2. Description Tag
3. Google Site Verification
4. Robots Tag

Masih Perlu Kata Kunci?

Mau tetep gunakan Keyword Tag? Pake aja, asal jangan kebanyakan! Maksimum 10 kata, misalnya: "Komunikasi, Jurnalistik, Public Speaking, Siaran Radio, Blogging, Media, Teknik MC". 

Ini contoh kata kunci dengan 10 kata, dengan rincian sebagai berikut:

  1. Komunikasi
  2. Jurnalistik
  3. Public 
  4. Speaking
  5. Siaran 
  6. Radio
  7. Blogging
  8. Media
  9. Teknik
  10. MC


Previous
« Prev Post
Author Image

Romeltea
Romeltea adalah onair dan online name Asep Syamsul M. Romli aka Kang Romel. Praktisi Media, Blogger, Trainer Komunikasi from Bandung, Indonesia. Follow me: facebook twitter instagram linkedin youtube

Recommended Posts

Related Posts

Show comments
Hide comments

No comments on SEO Blog: Fungsi Meta Tags Menurut Google

Post a Comment

No Spam, Please!