Format Media Internal Perusahaan/Instansi

Romeltea | Follow @romel_tea


By ASM. Romli

Media Internal perusahaan/instansi identik dengan majalah (Inhouse Magazine). Seolah-olah semua media internal, yaitu media komunikasi dan informasi internal sebuah perusahaan/instansi, berbentuk majalah.

Tidak semua media internal perusahaan/instansi berbentuk majalah. Frank Jefkins dalam Hubungan Masyarakat (1992) menyebutkan lima model utama media internal perusahaan/instansi yang disebutnya "house journal".

Kelima format media internal perusahaan/instansi itu adalah:

1. Sales Bulletin –media komunikasi reguler antara manajer penjualan dengan salesman yang berada di lapangan, biasa diterbitkan mingguan.
2. Newsletter --media informasi atau siaran berita singkat.
3. Magazine -- majalah yang berisi ragam tulisan (berita, artikel, feature).
4. Tabloid Newsletter -- mirip dengan surat kabar popular, berisikan berita aktual, artikel populer yang pendek, dilengkapi dengan gambar atau ilustrasi yang menarik.
5. Wall Newspaper -- bentuk media yang sering dipergunakan sebagai media komunikasi internal antarkaryawan di sebuah perusahaan besar. (www.romeltea.com).* 

Previous
« Prev Post
Author Image

Romeltea
Romeltea adalah onair dan online name Asep Syamsul M. Romli aka Kang Romel. Praktisi Media, Blogger, Trainer Komunikasi from Bandung, Indonesia. Follow me: facebook twitter instagram linkedin youtube

Recommended Posts

Related Posts

Show comments
Hide comments

No comments on Format Media Internal Perusahaan/Instansi

Post a Comment

No Spam, Please!