Cara Blokir dan Aktifkan Kembali Kartu XL yang Rusak atau Hilang

Romeltea | Follow @romel_tea

Cara Blokir dan Aktifkan Kembali Kartu XL yang Rusak atau Hilang
Cara memlokir dan mengktifkan kembali Kartu XL yang Rusak atau Hilang.

SEKADAR berbagi pengalaman tentang cara memblokir dan mengaktifkan kembali kartu XL yang rusak atau hilang. Ini pengalaman saya sewaktu HP hilang dicuri orang, otomatis dong kartu XL yang ada di dalamnya juga ikutan, gak ditinggal sama pencuri jahanam itu!

Awalnya saya males mengurusnya. Saya mau ganti nomor saja ke Simpati atau Indosat yang sinyalnya lebih OK di tempat saya daripada XL.

Namun, atas saran seorang teman, saya blokir dan aktifkan kembali nomor lama saya. Nomor XL lama, 0818 21X XXX, sepuluh digit, nomor HP pertama yang saya punya sejak punya HP pertama kali awal tahun 2000. Jadi, sudah gunakan nomor itu selama 16 tahun!

Gak pernah ganti karena tidak dikejar-kejar debt collector ataupun seorang gadis or janda yang "minta pertanggungjawaban" ☺Paling-paling muncul niat ganti nomor kalo diteror sales/telemarketer katu kredit atau jasan keuangan.

HP saya dicuri orang Jumat. Baru Minggu malam saya urus blokir dan Senin urus pengaktifan kembali di XL Center. Ini yang saya lakukan untuk memblokir dan mengaktifkan kembali no. xl yang hilang itu:
  1. Kontak XL Customer Care denga mengirimkan email ke customerservice@xl.co.id. Isinya: minta blokir nomor XL yang dicuri/hilang itu.
  2. Biar yakin nyampe, saya juga kirim pesan langsung (direct messange) via @XLCare dengan isi pesan yang sama dengan email.
  3. Responsnya cepat via Twitter. Via email baru sore hari ada balasan.
  4. Datang ke XL Center. Saya wakilkan ke orang yang kebetulan tempat kerjanya dekat dengan XL Center Bandung yang di depan BEC. Saya bikin surat kuasa bermaterai Rp6000 plus KTP asli.
  5. Singkat cerita, nomor lama kembali dengan simcard yang baru: 4G LTE! He he... keren. Keluar duit cuma Rp36.000 sudah termasuk pulsa 25.000.

Cara Aktifkan Kembali Kartu XL yang Rusak atau Hilang

Ini panduan dari CS XL via email yang saya terima tentang cara mengaktifkan kembali XL yang hilang atau rusak. Saya copas saja ya, biar jelas, gak ada rahasia kok :)

Kami turut prihatin atas hilangnya kartu XL Bapak dengan nomor 08182XXXXX. Terkait permintaan Bapak perihal pemblokiran kartu belum dapat kami proses, dikarenakan layanan tersebut belum tersedia untuk nomor prabayar. Nomor XL tersebut dapat dilakukan penggantian kartu (replacement) tanpa merubah nomor di XL Center dengan mekanisme sebagai berikut:
  1. Menyerahkan copy identitas yang masih berlaku sesuai dengan data registrasi nomor dan menunjukan aslinya.
  2. Data harus sama dengan data pada registrasi nomor. Apabila data tidak sesuai, akan dilakukan verifikasi internal oleh XL Center.
  3. Jika diwakilkan, mohon melampirkan surat kuasa bermaterai Rp6.000,00 yang ditandangani oleh pemberi kuasa dan penerima kuasa, serta KTP asli kedua belah pihak.
  4. Dikenakan biaya Rp10.000,00 dan wajib melakukan pengisian pulsa minimal Rp25.000,00 dengan harga jual Rp26.000,00.
Sebagai informasi, berikut alamat dan jam pelayanan XL Center di kota Bandung:
  1. XL Center Cimahi Jl. Raya Cimahi No.294 9 (Depan BCA) Cimahi. Buka: Senin - Jumat : 08.00 - 17.00 WIB. Sabtu : 08.00 - 14.00 WIB. Minggu : Tutup
  2.  XL Center Martadinata. Jl. RE Martadinata No. 7 Bandung. Senin - Jumat : 08.00 - 19.00 WIB. Sabtu : 08.00 - 17.00 WIB. Minggu : 11.00 - 17.00 WIB               
Apabila Bapak Asep memerlukan informasi lainnya, silakan menghubungi 817, 021 57959817 / 08170817707 dari telepon lainnya, mengunjungi XL Center terdekat, e-mail ke customerservice@xl.co.id atau melalui Twitter @XLCare, Facebook XLCare dan http://xplor.id/carisolusi.

Itu dia cara aktifkan kembali no xl yang hilang/rusak. Namun, ada yang kurang tuh, Hai CS XL! Kok gak ngasih tau sih harus: menuliskan 3-5 nomor yang pernah dihubungi atau di-sms oleh nomor XL yang hilang atau rusak!

Jadi, saat di XL Center, selain dimintai KTP atau SIM, kita diminta menuliskan 3-5 nomor yang pernah dihubungi atau di-sms oleh nomer XL yang hilang atau rusak itu. Ini yang bikin repot. 'Kan tidak hafal! Lha wong nomornya ada di kartu/HP yang hilang dicuri orang itu!

Singkat cerita, nomor XL lama telah kembali. Pulsa dan masa aktif juga kembali. Namun.... datanya, no yang dulu disimpan di simcard itu, hilang karena memang simcardnya baru. Gak apa-apa deh.... Thanks XL! Wasalam. (http://blogromeltea.blogspot.com).*

Previous
« Prev Post
Author Image

Romeltea
Romeltea adalah onair dan online name Asep Syamsul M. Romli aka Kang Romel. Praktisi Media, Blogger, Trainer Komunikasi from Bandung, Indonesia. Follow me: facebook twitter instagram linkedin youtube

Recommended Posts

Related Posts

Show comments
Hide comments

1 comment on Cara Blokir dan Aktifkan Kembali Kartu XL yang Rusak atau Hilang

  1. Mantap mas tutorialnya, saya sempat mau aktifkan lagi nomor lama yang rusak sudah tidak bisa lagi, soalnya nomornya sudah dipakai orang.

    ReplyDelete

No Spam, Please!