March 8, 2016

Cara Menulis Berita yang Benar sesuai dengan Kaidah Jurnalistik

Romel Tea March 8, 2016

jurnalistik
Cara Menulis Berita yang Benar sesuai dengan Kaidah Jurnalistik mengacu pada formula 5W+1H, Piramida Terbalik, dan Bahasa Jurnalistik.

MENULIS berita merupakan keterampilan utama wartawan dan praktisi Humas. Wartawan menulis berita untuk medianya. Demikian juga praktisi Humas.

Namun, kita sering melihat perbedaan mencolok antara kualitas berita yang ditulis wartawan profesional dan staf Humas, terutama di bagian teras (lead) --bagaian terpenting dalam berita setelah judul (headline).

Mari kita simak contoh teras berita yang dibuat staf Humas sebuah instansi pemerintah berikut ini:

Bandung, 25/02/2016. Bertempat di Hotel Nexa, acara Koordinasi Pengelola Teknologi dan Informasi, acara dilaksanakan pada 24-27 Februari 2016. Peran TIK dalam mendukung pelaksanaan kegiatan Humas dan Informasi Publik, memegang peranan yang sangat penting dalam Melaksanakan komunikasi dan pemberitaan, analisis opini publik, pengumpulan, penyajian, pemukhtahiran dan penyampaian informasi dalam rangka KIP, keprotokolan, dan hubungan antar lembaga negara.

Jika ditulis dengan benar --sesuai dengan kaidah jurnalistik, maka teras berita tersebut ditulis sebagai berikut:
 

[Nama Lembaga] mengadakan Koordinasi Pengelola Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di Hotel Nexa [Nama Kota] 24-27 Februari 2016. 

Bagian berikut ini adalah opini penulis berita karena tidak menyebutkan sumber:

Peran TIK dalam mendukung pelaksanaan kegiatan Humas dan Informasi Publik, memegang peranan yang sangat penting dalam Melaksanakan komunikasi dan pemberitaan, analisis opini publik, pengumpulan, penyajian, pemukhtahiran dan penyampaian informasi dalam rangka KIP, keprotokolan, dan hubungan antar lembaga negara.

Segitu aja dulu bahasan kita tentang  Cara Menulis Berita yang Benar sesuai dengan Kaidah Jurnalistik.

Catatan:
  • 5W+1H = What (Apa), Who (Siapa), Where (Di Mana), When (Kapan), Why (Kenapa), How (Bagaimana)
  • Kaidah Jurnalistik = teknik, etika, dan prinsip penulisan berita
  • Bahasa Jurnalistik = bahasa media, bahasa pers, bahasa yang biasa digunakan wartawan berciri khas ringkas, lugas, efektif, hemat kata.


1 comment:

  1. Harus lbih banyak belajar lagi ini, terimakasih ilmunya pak

    ReplyDelete

No Spam, Please!