March 2, 2016

Cara Mengatasi Laptop/Netbook Mati Total Tidak Bisa Menyala

Romel Tea March 2, 2016

Netbook Aspire V5-123
Cara Mengatasi Laptop/Netbook Mati Total Tidak Bisa Menyala saya share setelah mempraktekkannya. Baru semenit menyalakan netbook Acer Aspire V5-123, tiba-tiba mati.

Kirain habis baterai (battery), charger pun dipasang. Eh, tetap gak nyala. Coba charger lainnya, eh... sama! Netbook tetap tidak mau nyala.

Googling! Solusi mengatasi laptop/netbook yang mati ternyata sederhana: lepas baterai!

Oalah... seinget dan setahu saya, 'kan baterai netbook Aspire V5-123 mah ditanam, nempel gitu, gak bisa dilepas? Eh... ternyata bisa. Ada di Youtube cara melepasnya.

Maka, langkah berikut ini saya lakukan untuk menyalakan kembali netbook yang mati total alias matot itu:

1. Lepas Baterai. Dengan susah payah karena hati-hati pisan, pake sendok! :) Baiknya pake obeng tipis ya.
2. Tekan tombol power selama 60 detik atau semenit.
3. Nyalakan netbook tanpa baterai, alias dengan memasang charger saja!
4. Tekan tombol power seperti biasa, sebagaimana kita biasa menyalakannya.
5. Jreng......!!!

Alhamdulilah, Netbook Aspire V5-123 saya yang ukurannya "semi-laptop" itu pun menyalak, eh, menyala alias hidup.

Penyebab Netbook Mati Mendadak
Apa penyebab netbook saya mati mendadak? Saya hanya bisa menduga, kemungkinan overheat alias kepanasan atau baterai "terlalu penuh".

Soalnya, sebelum kejadian mati mendadak itu, sang netbook saya gunakan dalam sebuah pelatihan. Ni netbook memang khusus saya gunakan untuk pelatihan dan ngajar saja.

Saat itu saya pasang charger. Kemungkinan sudah penuh, tapi saya gak ngeh lepas charger, lupa, keasyikan presentasi kali :)

Itu sekadar dugaan saya.

Ok, People! Posting ini sekadar berbagi pengalaman. Siapa tahu Anda mengalaminya juga. Kata situs resmi Acer Indonesia nih, jika laptop Anda mati tiba-tiba, jangan panik!

Cara Mengatasi Laptop/Netbook Acer yang Mati Total

Berikut ini cara mengatasi  Laptop/Netbook Mati Total Tidak Bisa Menyala versi blog remi Acer Indonesia:

1. Perhatikan fan laptop. 
Apakah fan berfungsi atau tidak jika tidak berfungsi berarti kemungkinan besar laptop mati karena overheating. Segera perbaiki fan Anda.

2. Bersihkan headsink prosessor

Jika fan masih dalam kondisi baik, bersihkan headsink prosessor dari debu dengan menggunakan kuas. Pastikan jangan ada debu yang turut menyumbat ventilasi saat membersihkan headsink.

3. Bersihkan juga mainboard.
Saat membersihkannya hati-hati untuk tidak terlalu kuat karena akan merusak komponen atau soldier pada mainboard.

Untuk mencegah overheat, berikan silicon pendingin pada headsink. Diamkan sejenak kemudian tutup kembali laptop. Jangan langsung menyalakan laptop. Istirahatkan sejenak lalu kemudian hidupkan kembali.

Hindari juga mengoperasikan laprop pada tempat tidur, bantal, sofa, dan lain-lain! 

Hal ini akan menghambat perputaran udara yang ada sehingga laptop menjadi overheat. Biasakan tempatkan laptop pada bidang datar dan pastikan sirkulasi udara lancar. spAcer juga dapat menggunakan cooling pad untuk membantu agar laptop tidak cepat panas.

Jangan lupa untuk tidak mengoperasikan laptop kamu secara terus menerus selama seharian penuh. Berikanlah laptop kamu ‘istirahat’ agar performanya tetap terjaga.

Terakhir, bila laptopmu tetap bermasalah, segera bawa ke teknisi ahli agar ditangani dengan maksimal.

Itu dia  Cara Mengatasi Laptop/Netbook Mati Total Tidak Bisa Menyala. Semoga tips di atas works mengatasi masalah laptop/netbook Anda. Wasalam.*

2 comments:

No Spam, Please!