Jangan Klik Link dari Email Penipu

Posted by | Follow @romeltea

Jangan Klik Link dari Email Penipu. Waspadai Penipuan via Email di Inbox Anda dan Penipuan di Internet Lainnya!

HARI ini sedikitnya ada dua email penipuan yang masuk ke inbox email Yahoo saya. Mungkin Anda juga sering menerima bahkan mengalami tertipu.

Jika menerima email yang asing, gak jelas, tidak dikenal, jangan sembarang percaya apalagi langsung klik link yang disertakannya. Jangan sampai kita kena tipu.

Ini dua email penipu yang masuk ke inbox saya hari ini. Pura-puranya dari Yahoo! Padahal mereka mencatut atau menyalahgunakan logo dan nama Yahoo. Orang awam mungkin kena tipu karena percaya ini dari Yahoo.

Email Penipu

Email Penipu

Coba perhatikan. Juga nu enya wae ti Yahoo! Hmh! emangnya gua cowok apaan mudah ketipu sama eloh!

Jika menerima email seperti itu, pertama-tama cek alamat emailnya. Contoh kasus di atas, jelas itu bukan email Yahoo. Pake ngancam segala: email suspend! Sorry ya, kuring moal katipu ku maneh!

Penipuan via email hanyalah satu dari sekian "modus operandi" kejahatan siber (Cyber Crime). Di sinilah pentingnya Cerdas Berinternet agar tidak menjadi korban penipuan.

Sebelumnya saya sudah share karus serupa: Waspadai Jebakan Iklan dan Email Penipuan dan Penipuan Uang dari Fan Box.

Jenis penipuan di internet lainnya a.l. Phising, yaitu mencuri data mulai dari nama, tanggal lahir, nama ibu kandung, alamat, hingga nomor identitas (KTP) untuk mengakses rekening bank Anda dan kejahatan lainnya.

Penipuan di Facebook juga banyak, pake banget banyaknya :) Salah satunya ke inbox Anda denga mengatakan "hello dear, how are you... saya ingin berbagi uang dengan Anda, bantu saya mencairkannya bla bla bla...".

Demikian. Semoga para penipu bertobat kepada Allah SWT dan kita terhindari dari penipuan online atau jenis penipuan apa pun di internet ataupun di dunia nyata. Amin...! (http://blogromeltea.blogspot.com).*


» Thanks for reading Jangan Klik Link dari Email Penipu

Tags: Internet
0 Komentar untuk "Jangan Klik Link dari Email Penipu"

No Spam, Please!

Back To Top