November 2, 2015

Cara Menulis di Media Online - Website, Blog, Media Sosial, Email, WA

Romel Tea November 2, 2015

Cara Menulis di Media Online
Teknik Menulis di Media Internet. Berlaku untuk Naskah/Teks di Website, Blog, Email, Media Sosial, WhatsApp, Situs Berita.

MENULIS
di media online mempunyai cara dan ciri tersendiri, demi kepentingan pembaca (user) dan mesin telusur atau mesin pencari (search engine).

Menulis di media internet mesti ramah pengguna (user friendly), yakni mudah dipindai (scan), enak dibaca, mudah dipahami, tidak bikin pusing, nyaman di mata, mudah diserap. Istilahnya: scannable, mudah dipindai.

Menulis di media siber juga harus ramah mesin pencari --dikenal dengan istilah Search Engine Optimization (SEO) Friendly, yakni mudah diindeks mesin pencari (khususnya Google), mudah ditemukan pembaca saat searching atau "Googling" (mencari info lewat mesin telusur Google). Istilahnya: findable, mudah ditemukan.

Jadi, berbeda dengan menulis di "media konvensional" (cetak) seperti suratkabar atau majalah, menulis di media online harus ditujukan buat dua audiens: pengguna/pembaca dan mesin pencari.

Tulisan di Media Online Itu Dindai, Bukan Dibaca

Tulisan di media online itu dipindai (scan) oleh mata, bukan “dibaca” (read), karena ia berada “di dalam” monitor komputer atau "layar kaca" (screen).

Daya tahan mata di depan layar monitor tidak sekuat di depan kertas koran atau buku. Karenanya, daya tahan baca di media online lebih lemah ketimbang media cetak.

Teknis Menulis Naskah di Media Online – User Friendly

  1. Ringkas. Makin ringkas kian mudah dan menarik dibaca. Namun, jangan pula terlalu pendek, minimal 300 karakter dan maksimal 800 karakter.
  2. Alinea Pendek. Susun paragraf pendek dan “ketat”. Gunakan bahasa jurnalistik yang berciri khas "hemat kata" (economy of words). Maksimal lima baris per alinea.
  3. Subjudul. Gunakan subheading jika tulisan panjang.
  4. Bulleted & Numbered List. Menggunakan daftar bernomor atau "bullet" akan lebih baik.
  5. Never bury the lead! Buatlah ringkasan atau inti cerita sebagai “lead” tulisan. Sebaiknya ada gambaran (ringkasan) tulisan di bagian awal tulisan. 
  6. Jarak Antar-Alinea. Mesti ada “ruang putih” (white space) antarparagraf. 
  7. Think like a journalist! Susun naskah berdasarkan urutan “terpenting-penting-kurang penting” (prinsip piramida terbalik) dan kelengkapan informasi dalam unsur 5W1H. Kedepankan bagian pokok naskah di awal kalimat. 
  8. Text Styling: Align Left. Gunakan rata kiri, bukan rata kiri-kanan (justify) karena align-left merupakan standar penulisan di internet World Wide Web Consortium (W3C).

Teknis Menulis di Media Online - SEO Friendly

  1. Keywords. Tentukan kata kunci (keywords) yang menjadi target --sekiranya dicari pengguna. 
  2. Keywords Density. Cantumkan kata kunci di judul, alinea pertama, pertengahan naskah, dan akhir naskah --maksimal 3% dari seluruh kata dalam naskah. Jika berlebihan, bisa dianggap spam oleh mesin pencari.
  3. Original. Asli, tulisan sendiri, bukan "Copy Paste" (Copas) ataupun "repost" tulisan orang lain.
  4. Usahakan tulisan langsung diketikkan di blog/website dalam kondisi online. Hal ini untuk menghindari “kecurigaan” search engine bahwa tulisan Anda hasil “bajakan” (copy paste) dari blog orang lain. 
  5. Unik. Pilih tema yang menarik, unik, baru (aktual), dan dengan sudut pandang yang berbeda. 
  6. Tulisan harus berisikan hal atau informasi yang bermanfaat bagi orang banyak. Ajakan kepada keburukan akan mengakibatkan dosa!
Gaya bertutur (conversational styles) juga disenangi pembaca Web. Khalayak online lebih menerima gaya penulisan yang tidak konvensional.

Tulisan “Panduan Menulis di Media Online” ini sekaligus merupakan “Teknik SEO” atau “Tips SEO” terbaik versi saya, seperti saya cantumkan dalam buku saya, Jurnalistik Online: Panduan Mengelola Media Online (Nuansa, Bandung, 2012).

Cara menulis di media online di atas berlaku untuk website atau blog, menulis email, menulis status panjang di Facebook, Google Plus, pesan WhatsApp, dan media internet lainnya. (http://blogromeltea.blogspot.com).*

Rerefensi: CyberJournalist.net, Dailywritingtips.com, uofaweb.ualberta.ca

No comments:

Post a Comment

No Spam, Please!