October 22, 2015

Daftar Situs Rujukan Blogger untuk Sukses Blogging

Romel Tea October 22, 2015

Sukses Blogging
SUKSES ngeblog (blogging) ditentukan banyak faktor, termasuk SEO dan desain tampilan blog. Sejumlah laman atau situs berikut ini wajib dimanfaatkan blogger untuk memperbaiki tampilan blognya, baik dari segi seo maupun data struktur blog.

Daftar situs ini pula yang bisa digunakan untuk pertimbangan memilih template blog seo friendly (ramah pengguna) agar blog mudah dan cepat terindeks Google atau mesin pencari lainnya.

1. Webmaster Tools Search Console
Laman untuk mendaptarkan blog agar Google cepat mengindeks blog kita. Begitu usai membuat sebuah blog atau website, segera buka halaman Webmaster Tool ini dan submit (daftarkan) alamat blog di sana.

2. Submit your site to Bing
Fungsinya sama dengan nomor 1, yaitu agar blog segera diindeks mesin pencari Bing (Yahoo!). Meski Google mesin pencari terpopuler, banyak juga user yang menggunakan mesin pencarian Bing/Yahoo untuk mencari info yang mereka butuhkan.

3. Webmaster Tools Google
Tahap lanjutan dari nomor 1, yaitu mendaptarkan blog agar cepat diindeks Google dan mudah ditemukan pembaca di halaman hasil pencarian. Ikuti tahapan berikutnya, seperti Submit Sitemap dll.

4. Mobile-friendly Test.
Halaman khusus Google untuk mengecek apakah tampilan blog kita sudah ramah mobil alias responsive ataukah tidak. Dengan fakta banyak user menggunakan HP/SmartPhone dalam internetan, penggunaan template blog mobile friendly (responsif) menjadi "fardu 'ain" (wajib).

5. PageSpeed Insight
Halaman khusus Google untuk mengetes kecepatan loading blog (loads time). Jika lelet, skornya di bawah 60, maka blog kita akan tersisihkan oleh mesin pencari. Akan muncul rekomendasi perbaikan dari Google.

6. Structured Data Testing Tools.
Fasilitas Google untuk mengecek data struktur konten blog agar cocok dan mudah diindeks Google. Biasanya, error yang ditemui di sana seputar update, image, author, dll.

7. Chkme
Untuk mengecek skor seo blog. Halaman ini sangat populer di kalangan blogger untuk memperbaiki skor seo standar. Skor 100% mudah didapatkan jika mengikuti saran Chkme.

8. GT Metrix.
Fungsinya sama dengan nomor 5, namun di sini kita akan mendapatkan skor kecepatan dan saran perbaikan secara detail. Blog kita minimal harus mendapatkan skor B. Nilia A tentu lebih baik.

9. Facebook Debugger.
Untuk mengecek tampilan posting saat di-share ke Facebook. (Baca: Cara Memperbaiki Tampilan Posting Blog di Facebook)

10. Feedburner.
Laman khusus milik Google untuk mendistribusikan konten atau posting blog kita via email pengguna, juga share otomatis ke Twitter --dan dari Twitter ke Facebook.

Di Feedburner pula kita mendapatkan ID dan kode untuk memasang kotak berlangganan (Subscription Box) di sidebar blog. (Lihat: Demo).

Tentu masih banyak situs rujukan para blogger untuk mendukung kesuksesan blognya. Indikator sukses blog antara lain banyak pengunjung dan menghasilkan dolar (Google Adsense). Wasalam. (http://blogromeltea.blogspot.com/).*

1 comment:

No Spam, Please!