Cara Mendapatkan Uang dari Video Youtube (Monetisasi)

Posted by | Follow @romeltea

monetisasi video youtube
Cara terbaik untuk Mendapatkan Uang dari Video Youtube adalah dengan membuat sendiri semua elemen video alias karya sendiri, asli.

BUATLAH video unik, menarik, bermanfaat, positif, dan asli buatan sendiri (orisinal), lalu upload ke  Youtube, dan lakukan monetisasi (monetization) alias menjadikannya sumber pendapatan dolar dari Google sebagai pemilik Youtube.

Dengan demikian, Anda tidak hanya share video informatif dan inspiratif, tapi juga mendapatkan komisi iklan dari Google. Anda mencetak dolar dengan upload (unggah) video ke Youtube!

Cara monetisasinya sangat mudah, yaitu hanya dengan klik menu "monetisasi" saat atau setelah Anda mengunggah video di akun Youtube:

Cara Mendapatkan Uang dari Video Youtube (Monetisasi)

Anda tidak perlu punya akun Google Adsense dulu untuk menghasilkan uang dari video Youtube. Jika sudah menjadi publisher Google Adsense, Anda tinggal mengintegrasikan akunnya dengan iklan Youtube.

Detail cara mendapatkan uang dari video Youtube dijelaskan dalam Kriteria Monetisasi Video. Disebutkan, Anda harus memenuhi persyaratan minimal untuk memonetisasi video:
  • Konten Anda harus ramah pengiklan.
  • Anda sendiri yang membuat konten tersebut atau telah mendapatkan izin untuk menggunakannya secara komersial.
  • Anda dapat memberikan dokumentasi yang membuktikan bahwa Anda memiliki hak komersial atas semua konten audio dan video.
  • Konten Anda mematuhi Persyaratan Layanan dan Pedoman Komunitas YouTube. YouTube berhak menonaktifkan monetisasi untuk akun yang tidak mematuhi pedoman kami.

Contoh konten yang mungkin layak untuk dimonetisasi

  • Anda merekam kucing Anda dan tidak menggunakan musik latar belakang.
  • Video Anda berisi musik bebas royalti dan Anda dapat membuktikan hak penggunaan komersialnya dengan menyertakan tautan langsung ke persyaratannya.
  • Teman Anda membuat konten untuk video Anda dan menyatakan dalam bentuk tertulis bahwa Anda dapat menggunakannya serta mendapatkan uang dari konten tersebut.
  • Anda menciptakan musik sendiri dan tidak dikontrak oleh label mana pun.

Contoh konten yang TIDAK memenuhi syarat untuk monetisasi

  • Video Anda berisi musik yang dibeli dari iTunes atau konten yang direkam dari televisi.
  • Anda mengedit kompilasi konten yang dibuat oleh orang lain.
  • Konten yang mengandung unsur kekerasan dan/atau ketelanjangan yang dimaksudkan untuk memberi kejutan dan memunculkan rasa jijik.

Jenis Konten Video yang Dapat Dimonetisasi

Cara terbaik untuk memastikan dapat memonetisasi video YouTube adalah dengan membuat sendiri semua elemen video alias karya sendiri, asli, original!

Agar video memenuhi syarat untuk dimonetisasi, Anda harus memiliki semua hak yang diperlukan untuk menggunakan semua elemen visual dan audio secara komersial, baik hak tersebut milik Anda atau pihak ketiga.

Berbagai elemen tersebut termasuk (tetapi tidak terbatas pada) logo, gambar mini, musik pengantar/penutup/latar belakang, antarmuka perangkat lunak, dan video game.

Jika memutuskan untuk menggabungkan konten pihak ketiga dalam video, Anda harus memiliki hak untuk menggunakan dan memonetisasi konten ini di YouTube. Sering kali, hal tersebut dibuat dalam bentuk izin tertulis yang tegas dari pemegang hak.

Demikian ringkasan  Cara Mendapatkan Uang dari Video Youtube (Monetisasi). Panduan selengkap-lengkapnya ada di panduan Bantuan Google. Selamat berbisnis online bersama Google dan Youtube!

Jangan lupa, kunjungi juga Channel Youtube saya ya :) Wasalam. (http://blogromeltea.blogspot.com/).*

» Thanks for reading Cara Mendapatkan Uang dari Video Youtube (Monetisasi)

0 Komentar untuk "Cara Mendapatkan Uang dari Video Youtube (Monetisasi)"

No Spam, Please!

Back To Top