Beda Pengertian Rendah Hati vs Rendah Diri

Posted by | Follow @romeltea

Beda Pengertian Rendah Hati vs Rendah Diri
PENGGUNAAN  frasa, kata, atau istilah Rendah Hati & Rendah Diri sering "tertukar". Seringkali yang dimaksud adalah "rendah hati", tapi yang digunakan malah yang kedua, rendah diri. Keduanya memiliki pengertian yang berbeda jauh, pake banget!

Rendah Hati artinya tidak sombong, tidak takabur, tawadhu'. Rendah Diri artinya merasa diri kurang, tidak percaya diri, merasa "atu da saya mah apa atuh...".

Jangan cari pengertian, makna, atau definisi rendah hati & dan rendah diri di kamus bahasa dengan menuliskan kata "rendah diri" atau "rendah hati". Gak ada! Tulis saja "rendah", maka akan muncul pengertian keduanya, sebagai berikut:

ren·dah a 1 dekat ke bawah; tidak tinggi: pohon-pohonan yg -- ditanam dng teratur; 2 hina; nista: -- budi; -- budi kehinaan; kenistaan; -- diri hal (sifat); merasa dirinya kurang; -- hati hal (sifat) tidak sombong atau tidak angkuh;

me·ren·dah v 1 menjadi rendah; menurun: kawanan burung itu pun ~ lah; 2 tidak menyombong (angkuh): berhadapan dng siapa pun ia selalu ~; me·ren·dah·kan v 1 menjadikan rendah; membawa hingga menjadi rendah; menurunkan; 2memandang rendah (hina) orang lain; menghinakan: ia suka ~ orang lain; ~ diri menjadikan dirinya merasa kurang; ~ hati menjadikan diri tidak sombong; tidak congkak; tidak angkuh;

ren·dah·an n golongan (pegawai) yg berpangkat rendah; bawahan: pegawai ~; ke·ren·dah·an 1 a terlalu rendah: tanahnya ~; 2 v direndahkan; dihinakan; dikalahkan (oleh):orang yg pantang ~

Pengamalan Rendah Hati & Rendah Diri

Dalam perspektif Islam, kedua sifat tersebut harus dilakukan dalam konteks yang berbeda.

Rendah Hati harus dilakukan terhadap sesama. Rendah diri harus dilakukan terhadap Allah SWT.

"Dan hamba-hamba Tuhan yang maha penyayang itu (adalah) orang-orang yang berjalan di atas bumi dengan rendah hati dan apabila orang-orang jahil menyapa, mereka mengucapkan kata-kata yang baik." (QS Al-Furqon:63)

"Barangsiapa yang merendahkan diri di hadapan Allah, maka Allah akan mengangkat derajatnya pada tempat yang tinggi. Dan barangsiapa yang takabur kepada Allah, maka Allah akan menghinakannya sampai ke tempat serendah-rendahnya." (HR. Ahmad).

Demikian perbedaan pengertian Rendah Hati dan Rendah Diri. Wasalam. (http://blogromeltea.blogspot.com).*

» Thanks for reading Beda Pengertian Rendah Hati vs Rendah Diri

Tags: Bahasa
1 Komentar untuk "Beda Pengertian Rendah Hati vs Rendah Diri"

Alhamdulillah. Akhirnya ktemu juga pengertian yg sbnarnya. Kalo boleh nanya nih, gan/sist. Ane sering di puji berlebihan sm org lain. Gara" itu, ane mrasa minder n mrasa gak enak. Padahal apa yg ane miliki n apa yg ane lakuin itu hanyalah hal yg biasa" aja.
Jdi, mnurut agan/sist apa ane trmasuk ke dlm 2 golongan itu ?

No Spam, Please!

Back To Top