Contoh Judul Berita yang Membohongi Pembaca

Posted by | Follow @romeltea

clickbait
MEDIA Online atau situs berita kerap membuat judul yang berbeda dengan isinya. Judul ini membohongi pembaca.

Begitu dibuka (diklik), tak ada isi berita sebagaimana dalam judulnya. Contohnya judul dan isi berita Tribun News berikut ini:

Lao Toyota vs Persib Bandung 0-0: Jalannya Pertandingan
Rabu, 15 April 2015 22:24 WIB

TRIBUNNEWS.COM, VIENTIANE - Persib Bandung ditahan imbang Lao Toyota FC Laos 0-0 pada lanjutan penyisihan AFC Cup 2015 grup H di National Laos Stadium, Laos, Rabu.

Dengan hasil imbang, maka Persib Bandung belum memastikan lolos ke babak berikutnya mewakili grup H.

Meski demikian tim "Maung Bandung" masih memimpin grup H dengan nilai 8 hasil dua kali menang dan dua kali seri.

Pada pertandingan lainnya New Radiant Maladewa dan Ayeyawadi United Myanmar juga bermain imbang. Ayeyawady sementara di peringkat kedua dengan nilai enam sedangkan New Radiant di peringkat ke-3 dengan skor 4.

Sedangkan Lao FC sementara masih menjadi juru kunci H dengan nilai satu. Pertandingan di grup H masih cukup ketat, Ayeyawady dan New Radiant masih memiliki peluang, meski peluang Atep dkk lebih besar.

Persib yang belum bisa menurunkan striker Ilija Spasojevic gagal merobek gawang Lao FC untuk merebut tiga point di kandang lawan. Dalam dua laga tandang Persib berakhir imbang, termasul lawan Ayeyawady pada 11 Maret yang berakhir 1-1.

Satu kemenangan lagi bisa mengamankan tim Bandung itu lolos ke babak berikutnya mewakili grup H. Lawan berikut yang akan dihadapi tim asuhan Emral Abus dan Jajang Nurjaman itu New Radiant SC Maladewa pada 29 April 2015.

Pada leg pertama Persib mengalahkan New Radiant dengan skor telak 4-1 di Stadion Si Jalak Harupat. Pertemuan kedua New Radiant akan menjadi tuan rumah bagi tim Bandung itu.

Sedangkan Ayeyawady akan menjadi lawan terakhir Persib di fase grup H itu. Duel kedua tim yang saat ini menempati peringkat pertama dan kedua grup itu akan berlangsung pada 13 Mei 2015.*

Adakah laporan atau detail jalannya pertandingan sebagaimana dalam judul? Tidak ada! Jelas, judul berita ini membohongi pembaca. Tribunnews pembohong!

Wartawan/editor jelas mengelabui bobotoh Persib yang penasaran tentang jalannya pertandingan Lao FC vs Persib. Pasalnya, mereka --termasuk saya-- tidak bisa menyaksikan atau mendengarkan jalannya pertandingan via TV dan Radio. RCTI gagal menyiarkan langsung jalannya laga karena gangguan teknis.

CLICKBAIT
Judul berita di atas hanyalah satu dari "jutaan" contoh judul berita "jebakan klik" (clickbait) yang menjadi trend di media online. Judul berita di atas bukan jurnalistik yang baik. Judul clickbait memanipulasi dan menzhalimi pembaca.

Dengan membuat judul di atas, Tribunnews semata-mata berorientasi traffik, pageviews, jumlah kunjungan (visitors). Sekali lagi, itu bukan jurnalistik yang baik, bahkan amatir! 

Judul berita clickbait seperti di atas adalah judul berita yang tergolong "jurnalisme sampah" (garbage journalism), setidaknya menurut Vice.

Saya sudah bahas "secara mendalam" soal clickbait ini di blog lain: Abaikan Judul Berita yang Menjebak! Eh... malah saya juga kembali jadi korban jebakan :) Wasalam. (http://blogromeltea.blogspot.com).*

» Thanks for reading Contoh Judul Berita yang Membohongi Pembaca

1 Komentar untuk "Contoh Judul Berita yang Membohongi Pembaca"

bukan hanya situs2 berita saja Mas...saya sering juga ketika blogwalking mendapati kenyataan makin banyak blogger yg melakukan jebakan lewat judul artikel. Ketika kita klik judul sebuah artikel....ikut terbuka juga iklan atau web2 judi bola lainnya. Tidak hanya satu lapis...bahkan 2-3 lapis yg terbuka di jendela belakang. Belum lagi ketika membaca artikel dan ada kalimat yang merujuk ke artikel lain...ketika di klik..iklan lagi yg muncul. Biasanya blogger yg mentalnya tidak sportif spt itu tidak saya kunjungi lagi. Males saya (jg sedikit jijik!). Juga termasuk blog2 yg ketika baru pertama dibuka sudah menampilkan widget fan page melayang yg menutupi isi blog tersebut. Saya langsung kabur dan gak jadi lihat blog macam itu. kalopun datang ya cuman sekali saja. Logikanya kan kita lihat2 dulu isi blognya baru memutuskan untuk klik suka atau tidak. Bukan spt memilih kucing dlm karung,...belum apa2 sudah diharuskan klik suka. Padahal belum tau yg disukai tuh isinya spt apa. Salam.

No Spam, Please!

Back To Top