Tips & Trik SEO Onpage Posting Blog untuk Menarik Pengunjung

Posted by | Follow @romeltea

Tips & Trik SEO Onpage Posting Blog
Tips & Trik SEO Onpage Posting Blog untuk Indeks Mesin Pencari, Peringkat (Ranking) di SERP, dan Menarik Pengunjung.

SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimisation (Optimisasi Mesin Pencari). Mesin Pencari yaitu situs-situs yang digunakan pengguna internet (user) untuk mencari informasi, berita, tips, data, dsb, seperti Google dan Bing, dan Yahoo!

Pengertian "praktis"-nya, SEO itu usaha, ikhtiar, atau "trik" agar blog kita menempati peringkat setinggi mungkin di halaman hasil pencarian search engine result pages (SERPs). Makin tinggi ranking halaman blog kita di Google, Bing, Yahoo, dsb., maka akan makin banyak pengunjung yang membuka blog kita.

SEO ON-PAGE & OFF-PAGE
SEO dibagi dua macam: SEP On-Page & SEO & Off-Page.


SEO On-Page merujuk pada semua hal yang bisa dilakukan secara ON di blog kita untuk mendapatkan peringkat bagus, seperti optimisasi judul posting (post/page titles), internal linking, meta tags, descriptions, dsb.

SEO Off-Page yaitu optimisasi blog secara di luar blog kita, seperti memanfaatkan jaringan sosial (media sosial), kotak berlangganan (submission/subscribe), forum, blogwalking, komentar di blog orang lain, pasang iklan, dsb.

Tips & Trik SEO Onpage 

1. Page Titles. Judul Halaman.Pastikan judul halaman blog mengandung kata kunci yang dibidik. Misalnya, kita menulis posting tentang resep membuat cokelat yang enak, maka kata "resep cokelat" harus masuk dalam judul tulisan.

2. Meta Descriptions Deskripsi utama blog ada di Dashboard, bagian Setting > Basic > Description & menu "Search Preferense".

Deskripsi per posting ada di sidebar kanan halaman posting: "Search Description". Masukkan ringkasan posting di sana dengan memasukkan kata kunci. Bisa juga Copas judul posting di sana.

3. Meta Tags Ada tiga jenis meta tag: keywords (kata kunci), description (deskripsi), dan judul atau nama blog. Untuk blogger, banyak sekali template yang sudah SEO Ready, tinggal isi meta tagsnya. Contohnya seperti ini:

meta tag seo blogger

4. URL Structure.
Struktur Permalink. Pastikan kata kunci masuk dalam tautan posting. Di blogger, kita bisa melalukan Custom Permalink. Judul & permalin pendek lebih baik di mesin pencari karena terindeks semua.

5. Body Tags (H1, H2, H3, H4, etc.) Posting blog harus SEO Friendly sekaligus User Friendly, mudah diindeks mesin pencari dan mudah dibaca oleh pengunjung.

Gunakan tag dinamis untuk membagi tulisan menjadi beberapa bagian, misalnya ada subjudul. Template blog SEO Friendly biasanya sudah mengatur pula soal Heading H1 Tag Dinamis.

6. Keyword Density Kepadatan kata kunci. Jika menulis soal "resep cokelat enak", maka kata-kata tersebut diulang di dalam naskah minimal 2-3% dari jumlah kata, jangan lebih! Jika lebih, terlalu banyak diulang, bisa-bisa dianggap SPAM oleh Google.

7. Image SEO Optimisasi gambar/foto sering dilupakan banyak blogger. Gambar ilustrasi yang bersahabat dengan Google adalah yang memiliki nama file (file name) yang jelas, judul (title teks), dan alternatif teks (alt text).
image seo blog

Selain itu, ukuran file juga sekecil mungkin, misalnya 300-600 pixel dan size-nya di bawah 50kb. Jangan lupa klik "Properties" dan isi kolom yang ada --seperti gambar di atas.

8. Internal Linking Tampilkan navigasi blog yang baik di sidebar atau di bawah posting. Di sidebar biasanya ada Latest Post dan Populae Posts. Di bawah posting biasanya ada Related Posts.

Di dalam tulisan, buatlah link internal atau tautan ke posting lain yang setema. Contoh terbaik internal linking adalah Wikipedia. Simak saja, banyak internal linknya 'kan? That's good for SEO!


Tips & Trik SEO Onpage Posting Blog untuk Menarik Pengunjung yang bisa kita lakukan guna memperbaiki ranking dan popularitas blog di mesin pencari, indeks Google, juga di mata pengunjung.

Jangan lewatkan posting sebelumnya: Top 10 Tips SEO Blog

Good Luck! (http://blogromeltea.blogspot.com/).*

Sumber

» Thanks for reading Tips & Trik SEO Onpage Posting Blog untuk Menarik Pengunjung

0 Komentar untuk "Tips & Trik SEO Onpage Posting Blog untuk Menarik Pengunjung"

No Spam, Please!

Back To Top