February 3, 2015

Cara Mendaftarkan Blog ke Feedburner Google (Tips SEO)

Romel Tea February 3, 2015

Tips Daftarkan Blog ke Feedburner Google, disertai Cara Mengatasi Error atau Gagal saat didaftarkan.
 

FEEDBURNER adalah layanan manajemen umpan web (web feed) yang terdiri dari RSS feed dan alat pengelola (management tools) untuk blogger, podcaster, dan aplikasi lain yang berbasis web.

FeedBurner memiliki banyak fitur sehingga kebanyakan blogger lebih menggunanan FeedBurner dibandingkan dengan feed bawaan blog.

Fungsi FeedBurner  a.l.

  1. Mempublikasikan konten dan orang lain lebih mudah untuk melakukan subscribe.
  2. Mengoptimalkan pendistribusian feed karena formatnya lebih kompatibel untuk semua jenis perangkat lunak subscriber.
  3. Pengguna dapat menganalisis traffic yang berlangganan feed, seperti melihat jumlah subscriber. (Wikipedia).
CLEAR?
Saatnya kita mendaftarkan blog ke Feedburner yang bernilai SEO ini.

Cara Mendaftarkan Blog ke Feedburner Google (Tips SEO)
1. Buka Feedburner Google.2. Login dengan akun Gmail Anda.
3. Akan muncul halaman seperti ini:

Feedburner Google
 4. Masukkan alamat blog Anda dan klik "Next"
Feedburner Google

Gagal? 
Bisa jadi, Anda gagal saat klik "Next". Muncul pesan error not validate etc. Untuk mengatasinya, GANTI url alamat blog dengan nenambahkan atom.xml di belakangnya, menjadi seperti ini:

http://klinikblogging.blogspot.com/atom.xml

Jika masih error juga, maka coba alamat yang lain, seperti:
  • http://namablog.blogspot.com/rss.xml
  • http://namablog.blogspot.com/feed/posts/default?orderby=UPDATED

 5. Selanjutnya tinggal klik aja "Next" seperti  gambar-gambar berikut ini:

Feedburner Google

Feedburner Google

Keterangan: yang dihighlight kuning adalah alamat feedburner blog. Catat dan simpan untuk kepentingan nasional :)

6. Klik "Skip...."
Feedburner Google

7. Klik "Publicize"


8. Klik "Email Subsciptions"

Feedburner Google

9. Klik "Activate"
Feedburner Google

 10. Inilah kodenya. Bisa dipasang di Sidebar: Layout > Add a Gadget > HTML/Javascript, dan masukkan kode yang pertama!

SELESAI!!!!
Anda bisa lanjut gan, eh... lanjutkan dengan klik "Socialize" untuk posting otomatis update blog Anda ke akun Twitter. 

Biar posting posting otomatis juga ke Facebook, Twitternya "sambungin" ke Facebook! Maka, sekali update posting, otomatis muncul di Twitter dan Facebook!


Feedburner Google

Yang paling penting ingat dan catat alamat Feedburner Anda seperti yang ditandai kuning dalam gambar di bawah ini. Tentu, yang ini mah punya Klinik Blogging. Kepunyaan Anda lain lagi dong!

Feedburner Google
Demikian Cara Mendaftarkan Blog ke Feedburner Google sebagai bagian dari Tips SEO Blogging. Good Luck!

7 comments:

  1. mantap mas...tutorialnya sukses.
    saya sudah terdaftar di feedburner dan siap membuat widget berlangganan email.hhe.
    makasih mas.

    ReplyDelete
  2. Nuhun infonya gan :)
    Mampir ke blog ane lah kapan kapan :D

    ReplyDelete
  3. Gan Gimana cara kirim emailnya ke subscriber kita ?

    ReplyDelete
  4. Kok yang saya masih gagal juga gan?

    ReplyDelete
  5. Terimakasih hatur nuhun pisan... Sangat membantu sekali..

    ReplyDelete

No Spam, Please!