Merawat Tak Semudah Membuat

Romeltea | Follow @romel_tea

Merawat Tak Semudah Membuat
MEMBUAT blog itu mudah, merawatnya yang susah --susah luangkan waktu untuk update atau mengisinya. Membuat media itu mudah banget, pake pisan. Yang sudah itu "konsisten" alias "istiqomah" mengelolanya.

Awas! Jangan ditambahin dengan "membuat anak itu mudah, yang susah merawatnya"!

Membuat blog bisa dalam hitungan menit, semenit dua menit bahkan, sudah bisa jadi. Yang sudah mengisinya alias merawatnya itu!

Trus... apa lagi ya...?

Ungkapan itu pula yang pernah disampaikan senior sekaligus guru saya di dunia radio siaran, Kang Deni Soe, saat di Radio Antassalam dulu. Sebagai Program Director saat itu, Kang Deni sering mengatakan dalam rapat penyiar: "Membuat program siaran itu gampang, yang susah tuh me-maintenance-nya, merawatanya, menjaga konsistensinya...".

Saya pun ingat yang disampaikan ustadz saya. Katanya, ungkapan merawat tak semudah membuatnya itu sudah disampaikan sejak lama, yaitu oleh Nabi Muhammad Saw, dalam sebuah hadisnya: "Qul, amantu billahi tsumma itstaqim!". Katakanlah, aku beriman kepada Allah kemudian istiqomahlah!

Istiqomah artinya teguh, konsisten, "bertanggung jawab" terhadap yang sudah dimulai, diperbuat.

Dalem ya?

Saya sering membuatkan situs web (website), baik situs lembaga maupun blog perorangan. Namun, setelah jadi, sesudah dibuatkan, web/blog itu terbengkalai, terbaikan. Itulah bukti lain merawat tak semuah membuat.

Banyak orang kalu ketemu saya, langsung ingat blogging. Tanya ini-itu. Saya jelaskan. Selanjutnya? NATO! No Action, Talk Only. Bahasa kasarnya (maaf) "ngomong doang". Wasalam.

Previous
« Prev Post
Author Image

Romeltea
Romeltea adalah onair dan online name Asep Syamsul M. Romli aka Kang Romel. Praktisi Media, Blogger, Trainer Komunikasi from Bandung, Indonesia. Follow me: facebook twitter instagram linkedin youtube

Recommended Posts

Related Posts

Show comments
Hide comments

No comments on Merawat Tak Semudah Membuat

Post a Comment

No Spam, Please!