March 11, 2014

Teknik SEO Blog/Website: On Page & Off Page

Romel Tea March 11, 2014

Teknik SEO Blog/Website: On Page & Off Page
SEO Blog/Website merupakan keniscayaan dalam blogging dan/atau manajemen website. SEO --singkatan dari Search Engine Optimization = Optimisasi Mesin Pencari-- adalah upaya desainer dan developer blog/website agar blog/website yang didesain dan dibangunnya mudah terindeks mesin pencari (khususnya Google), mudah ditemukan user, dan banyak pengunjung (visitor/traffic).

Wikipedia menampilkan pengertian SEO sebagai berikut:


Optimisasi mesin pencari (bahasa Inggris: Search Engine Optimization, biasa disingkat SEO) adalah serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis yang bertujuan untuk meningkatkanvolume dan kualitas trafik kunjungan melalui mesin pencari menuju situs web tertentu dengan memanfaatkan mekanisme kerja atau algoritma mesin pencari tersebut. 
Tujuan SEO, masih menurut Wikipedia, adalah menempatkan sebuah situs web pada posisi teratas, atau setidaknya halaman pertama hasil pencarian berdasarkan kata kunci tertentu yang ditargetkan. Secara logis, situs web yang menempati posisi teratas pada hasil pencarian memiliki peluang lebih besar untuk mendapatkan pengunjung.

Sejalan dengan makin berkembangnya pemanfaatan jaringan internet sebagai media bisnis, kebutuhan atas SEO juga semakin meningkat. Berada pada posisi teratas hasil pencarian akan meningkatkan peluang sebuah perusahaan pemasaran berbasis web untuk mendapatkan pelanggan baru. Peluang ini dimanfaatkan sejumlah pihak untuk menawarkan jasa optimisasi mesin pencari bagi perusahaan-perusahaan yang memiliki basis usaha di internet.

Macam-Macam Teknik SEO

Menurut Direct Traffic Media, Teknik SEO Blog/Website dibagi dua:
1. SEO On Page
2. SEO Off Page

SEO On Page yaitu teknik SEO yang dilakukan di dalam blog/website, seperti pemilihan template dan pengaturan Meta Tags. 

SEO Off Page yaitu teknik SEO yang dilakukan di luar blog/website, seperti link-building dan promosi di media sosial yang dikenal dengan Social Media SEO.

Teknik SEO On Page

Teknik SEO On Page dimulai dengan memilih nama domain (domain name) atau nama URL blog/website yang (harus) relevan atau sesuai dengan Meta Tags dan Konten.

On-Page SEO Checklist:
  1. Teknik Memilih Nama Domain
  2. Title Tag
  3. Meta Tags
  4. Keywords
  5. ALT tags
  6. H1 tags
  7. URL Structure
  8. Internal Linking Strategy
  9. Content
  10. Keyword Density
  11. Site Maps
  12. Usability and Accessibility
TO BE CONTINUED (BERSAMBUNG)
Dilanjut nanti..... "stay tuned...!"

1 comment:

No Spam, Please!