Jurnalistik Online dan Blog Bisnis

Romeltea | Follow @romel_tea

Jurnalistik Online dan Blog Bisnis
APA hubungan antara Jurnalistik Online dan Blog untuk Bisnis? Dalam jurnalistik online, kita diajari gaya menulis untuk media online (online writing style).

Keterampilan ini dibutuhkan untuk mengisi blog bisnis karena konten blog bisnis --seperti toko online-- tidak harus melulu berisi "pameran" atau penawaran produk dan jasa untuk meningkatkan jumlah pengunjung.

Saya pernah mencari nomor telepon taksi di Kota Bandung di Google. Eh... malah masuk ke sebuah blog yang jualan tas! Itu contoh nyata betapa posting unik dan bermanfaat bisa meningkatkan jumlah pengunjung, sekaligus menjaring konsumen potensial.

Jurnalistik Online
Jurnalistik Online yaitu adalah penulisan berita atau penyajian informasi di media online --portal berita, website instansi/perusahaan, blog, dan media sosial.

Jurnalistik (journalism) bisa diartikan sebagai bentuk tulisan yang mengabarkan kepada publik tentang hal-hal yang benar-benar terjadi (peristiwa).
Journalism is a form of writing that tells people about things that really happened, but that they might not have known about already. Robert Niles
Jenis-Jenis Tulisan Jurnalistik 
Jenis-jenis tulisan jurnalistik antara lain Berita (News) dan Opini (Opinion).
Dalam format berita (news) kita mengenal antara lain:
  1. Breaking News -- berita yang sedang atau baru saja terjadi),
  2. Feature Stories -- detail peristiwa yang disampaikan dengan gaya bercerita (story telling) seperti cerita pendek.
  3. Opinion News -- berita yang berisi pendapat atau pernyataan seseorang --biasanya pengamat, tokoh, pejabat, atau public figure.
Dalam format opini kita mengenal antara lain:
  1. Editorials - tajuk, tulisan berisi pendapat redaksi sebuah media tentang suatu masalah atau peristiwa.
  2. Columns -- tulisan pakar atau ahli di bidang tertentu.
  3. Reviews -- ulasan atau "resensi" tentang suatu masalah, termasuk ulasan tentang konser, restoran, buku, produk, atau film.
Media Jurnalistik Online
Sebuah karya jurnalistik membutuhkan media publikasi. Secara online, media publikasi tulisan jurnalistik antara lain:
  1. Blog: catatan harian online oleh perorangan (individuals) atau kelompok kecil  (small groups).
  2. Discussion Board: forum diskusi, tanya-jawab online yang membuka partisipasi setiap orang.
  3. Wiki: artikel yang bisa ditambah atau dikoreksi oleh pembaca.
Reporting: Teknik Reportase
Bagaimana Anda mendapatkan fakta untuk menulis berita? Dengan reporting!

Ada tiga cara utama untuk mengumpulkan informasi untuk sebuah "news story" (berita) atau menulis opini (opinion piece).
  1. Interviews: Wawancara. "Ngobrol" dengan orang-orang yang tahu sesuatu yang akan dilaporkan/ditulis.
  2. Observation: Mengamati, melihat, dan mendengar langsung di tempat kejadian sebuah peristiwa.
  3. Documents: Membaca berita sebelumnya, laporan, rekaman publik, "googling", dan dokumen lain seperti kliping atau jurnal.
Unsur Berita
Berita atau tulisan jurnalistik yang baik memenuhi unsur 5W+1H:
  1. Who are they? Siapa mereka --pelaku, penyelanggara, pengisi acara, yang terlibat?
  2. What were they doing? Apa yang terjadi --yang mereka lakukan, yang mereka gelar?
  3. Where were they doing it? --Di mana tempat kejadiannya? (Unsur Tempat)
  4. When they do it? --Kapan kejadiannya? (Unsur Waktu)
  5. Why did they do it? --Kenapa mereka melakukan itu? Untuk apa? Apa tujuannya?
  6. How did it happen? --Bagaimana kejadiannya? Bagaimana acaranya berlangsung? Ada apa aja di sana? 
Teknik Menulis (Writing)
Berikut ini kunci-kunci untuk menulis karya jurnalistik yang baik:
  1. Fakta. Dapatkan fakta atau data sebanyak mungkin.
  2. Sumber. Sebutkan sumber informasinya.
  3. Jujur. Jangan berbohong. Jujurlah tentang apa yang tidak Anda ketahui.
  4. Jelas. Hindari kata-kata atau ungkapan indah dan njelimet.Tak usah "sok intelek" dengan menggunakan kata-kata atau istilah "akademis" dan "ilmiah".
  5. Lead. Awali tulisan dengan hal terpenting! Ringkas inti cerita di awal kalimat.
Jurnalistik Online disebut juga jurnalisme judul (headline journalism). Artinya, banyak (bahkan kebanyakan pembaca) hanya membaca judul berita (judul tulisan). Maka, sampaikan inti cerita di judul!

Blog untuk Bisnis
Blog untuk bisnis yang paling populer adalah toko online dan profil atau portfolio bisnis. Isi blog bisnis Anda dengan tulisan menarik, jangan cuma nampilin produk atau jasa.
Di sinilah jurnalistik online masuk atau berperan dalam blog bisnis. Admin atau pengelola konten blog bisnis, website instansi/perusahaan, atau situs profil usaha harus menguasai ilmu jurnalistik, terutama terampil menulis berita, feature, dan opini. 
Untuk mulai menulis karya jurnalistik, sebagai langkah awal, Anda bisa mengikuti panduan ini: Hot Tips Menulis Berita. Wasalam.

Referensi/Inspirasi: What is Journalism?

Previous
« Prev Post
Author Image

Romeltea
Romeltea adalah onair dan online name Asep Syamsul M. Romli aka Kang Romel. Praktisi Media, Blogger, Trainer Komunikasi from Bandung, Indonesia. Follow me: facebook twitter instagram linkedin youtube

Recommended Posts

Related Posts

Show comments
Hide comments

No comments on Jurnalistik Online dan Blog Bisnis

Post a Comment

No Spam, Please!