November 10, 2013

Pengertian Menulis: Menyampaikan Pesan (Komunikasi)

Romel Tea November 10, 2013

menulis
Menulis adalah sarana komunikasi yang merepresentasikan bahasa melalui inskripsi tanda dan simbol. Writing is a medium of communication that represents language through the inscription of signs and symbols. (Wikipedia).

Menulis itu merangkai kata, kalimat, dan paragraf (alinea) berisi pesan berupa informasi, gagasan, atau pemikiran. Dengan demikian, kunci utama untuk bisa menulis adalah adanya pesan, yakni tema, topik, atau masalah yang menjadi bahan utama tulisan. Menulis itu sebuah komunikasi dan inti komunikasi adalah pesan.

Dari "teori menulis" di atas, maka dapat disimpulkan, siapa pun yang punya pesan (informasi, gagasan, pemikiran), maka ia bisa menulis. Cara menulis? Tidak ada teorinya! Just write! Menulis sajalah. Tuliskan apa yang Anda pikirkan atau hendak katakan kepada pembaca.

Jika ada kesulitan memulainya, maka tuliskan kata kunci (keyword) sebagai kata pertama di awal kalimat. Jika Anda akan menulis soal Pemilu 2014, misalnya, maka tulislah di awal kalimat "Pemilu 2014.....". Mudah 'kan?

Sarana mengasah keterampilan menulis adalah blog. Maka, buatlah blog. Just... go blog...ging! Tulislah di sana apa yang Anda pikirkan, alami, dan sebagainya. Blog akan membuat Anda menjadi penulis yang baik.

Menulis itu keterampilan dan keterampilan harus diasah, dilatih. Alah bisa karena biasa. Seorang penulis kondang pun akan "tumpul" jika dia berhenti menulis.*

No comments:

Post a Comment

No Spam, Please!