Pengertian Menulis: Menyampaikan Pesan (Komunikasi)

Romeltea | Follow @romel_tea

menulis
Menulis adalah sarana komunikasi yang merepresentasikan bahasa melalui inskripsi tanda dan simbol. 

Writing is a medium of communication that represents language through the inscription of signs and symbols. (Wikipedia).

Komunikasi sendiri artinya menyampaikan dan menerima pesan, meliputi menulis (writing), berbicara (speaking), mendengarkan (listening), dan membaca (reading).

Pengertian Menulis

Menulis adalah merangkai kata, kalimat, dan paragraf (alinea) berisi pesan berupa informasi, gagasan, atau pemikiran. 

Dengan demikian, kunci utama untuk bisa menulis adalah adanya pesan, yakni tema, topik, atau masalah yang menjadi bahan utama tulisan. Menulis itu sebuah komunikasi dan inti komunikasi adalah pesan.

Dari "teori menulis" di atas, maka dapat disimpulkan, siapa pun yang punya pesan (informasi, gagasan, pemikiran), maka ia bisa menulis. 

Cara Menulis

Bagaimana cara menulis? 

Tidak ada teorinya! Just write! Menulis sajalah. Tuliskan apa yang Anda pikirkan atau hendak katakan kepada pembaca.

Jika ada kesulitan memulainya, maka tuliskan kata kunci (keyword) sebagai kata pertama di awal kalimat. Jika Anda akan menulis soal Pemilu 2024, misalnya, maka tulislah di awal kalimat "Pemilu 2024.....". 

Mudah 'kan?

Sarana mengasah keterampilan menulis adalah blog. Maka, buatlah blog. Just... go blog...ging! Tulislah di sana apa yang Anda pikirkan, alami, dan sebagainya. 

Blog akan membuat Anda menjadi penulis yang baik.

Menulis itu keterampilan dan keterampilan harus diasah, dilatih. Alah bisa karena biasa. Seorang penulis kondang pun akan "tumpul" jika dia berhenti menulis.*

Previous
« Prev Post
Author Image

Romeltea
Romeltea adalah onair dan online name Asep Syamsul M. Romli aka Kang Romel. Praktisi Media, Blogger, Trainer Komunikasi from Bandung, Indonesia. Follow me: facebook twitter instagram linkedin youtube

Recommended Posts

Related Posts

Show comments
Hide comments

No comments on Pengertian Menulis: Menyampaikan Pesan (Komunikasi)

Post a Comment

No Spam, Please!