Cara Menulis Judul Berita di Media Online

Romeltea | Follow @romel_tea

jurnalistik online
Cara menulis judul berita (head/headline) di media online berbeda dengan  di media cetak, meskipun prinsipnya sama --judul harus ringkas, mencerminkan isi, dan menarik.

Berikut ini cara menulis judul berita di media online versi CMS Help University of Alberta, Kanada.

1. Judul berita hendaknya deskriptif (menggambarkan isi), menarik, dan ringkas.

2. Judul berita hendaknya terdiri dari kata benda (noun) dan kata kerta (verbs). Untuk konteks bahasa Indonesia, judul berita hendaknya berupa kalimat lengkap terdiri dari Subjek dan Predikat.

3. Tulislah judul sesingkat mungkin. Judul berita hendaknya ringkas sehingga cocok dengan satu baris di dalam bar navigasi website/blog Anda.

4. Hanya huruf pertama di kata pertama judul beirta yang menggunakan hurup kapital. Huruf-huruf lainnya di judul menggunakan huruf kecil, kecuali untuk nama atau istilah. Misalnya, "Persib umumkan susunan pemain baru di Bandung".

5. Judul berita tidak perlu menjadi kalimat.

6. Judul berita bisa berisi tanda baca, namun sebuah periode hendaknya tidak pernah mengakhiri judul. (Tanda tanya, jika relevan, OK).

7. Jangan pernah gunakan "semua-kapital" untuk judul. Judul berita jangan pernah menggunakan huruf kapital semua.*

Previous
« Prev Post
Author Image

Romeltea
Romeltea adalah onair dan online name Asep Syamsul M. Romli aka Kang Romel. Praktisi Media, Blogger, Trainer Komunikasi from Bandung, Indonesia. Follow me: facebook twitter instagram linkedin youtube

Recommended Posts

Related Posts

Show comments
Hide comments

No comments on Cara Menulis Judul Berita di Media Online

Post a Comment

No Spam, Please!