April 18, 2013

Jurnalisme Opini (Opinion Journalism)

Romel Tea April 18, 2013

Jurnalisme Opini adalah jurnalisme yang mengedepankan opini atau pendapat tentang suatu masalah atau peristiwa.

ISTILAH Jurnalisme Opini (Opinion Journalism) masih terasa asing di dunia jurnalistik. Sejauh ini saya belum menemukan referensi "terpercaya" tentang jenis atau tipe jurnalisme opini.

Hemat saya, yang dimaksud jurnalisme opini adalah jurnalisme yang mengedepankan opini atau pendapat tentang suatu masalah atau peristiwa.

Karya atau tulisan jurnalistik yang termasuk kategori jurnalisme opini adalah kolom, artikel, editorial (tajukrencana/opini redaksi), pojok, karikatur atau kartun, analisis, resensi, dan esai.

Pengertian jurnalisme opini di atas merupakan hasil "ijtihad jurnalistik" saya dengan menggunakan metode "qiyas" (analogi), yaitu dengan merujuk pada pengertian, misalnya, "jurnalisme damai" (jurnalisme yang mengemban misi perdamaian), "jurnalisme pembangunan" (jurnalisme yang mengedepankan berita-berita pembangunan), atau "jurnalisme got" (gutter journalism), yaitu jurnalisme atau media yang fokus pada pemberitaan soal seks dan kriminalitas (sex and crime journalism). (http://blogromeltea.blogspot.com).*

No comments:

Post a Comment

No Spam, Please!