Teknik Wawancara Jurnalistik via Telepon

Romeltea | Follow @romel_tea

jurnalistik terapan
Seorang teman lama, sesama wartawan, telefon saya dari Jakarta. Ia sedang menyusun laporan tentang Daftar Calon Sementara (DCS) untuk pemilu legislatif 2014. Rupanya ia membutuhkan narasumber untuk laporannya. Maka, ia pun kontak saya untuk wawancara soal DCS.

Langsung wawancara? Tidak! Begitu tersambung, ia menanyakan kabar saya, lalu kabar teman-teman yang ada di Bandung, dan.... ia bertanya apakan saya mendaftarkan diri menjadi caleg? Rupanya, pertanyaan terakhir itu sebagai "sinyal" atau "pemanasan" untuk bertanya tentang DCS. Maka, meluncurlah kata-kata, yang intinya ia butuh komentar saya, untuk sekitar satu-dua alinea, soal DCS.

Sang wartawan telah melakukan teknik wawancara jurnalistik via telefon dengan baik. Ia berbasa-basi dulu, ngobrol yang lain sebentar, lalu pelan-pelan mengarah ke topik wawancara.

Sebuah teknik wawancara via telefon yang patut ditiru dan dijadikan acuan!

Saya berpendapat, penyusunan DCS oleh parpol peserta pemilu harus terbuka, diumumkan kepada publik, membuka pendaftaran. Dengan begitu, parpol telah melakukan fungsinya dalam hal political recruitment (rekrutmen politik). Keuntungannya, parpol bisa lebih selektif untuk mendapatkan caleg berkualitas sekaligus me-list daftar kader potensial bagi kemajuan parpolnya,

Setelah DCS tersusun, kata saya, parpol harus mengumumkannya secara terbuka pula melalui media. Hal itu agar publik bisa memantau dan menilai. Parpol bisa mendapatkan masukan jika ada caleg "bermasalah" yang akan merugikannya dalam pertarungan pemilu nanti.

Kembali ke soal teknik wawancara jurnalistik via telefon. Berikut ini langkah-langkahnya:
1. Siapkan topik.
2. Siapkan pertanyaan.
3. Kontak narasumber.
4. Kenalkan diri.
5. Tanyakan kabar (basa-basi).
6. Pastikan nama lengkap, gelar, jabatan.
7. Baru deh wawancara.
8. Ucapkan terima kasih.
9. Sebutkan akan dimuat kapan.

Demikian tips sederhana tentang wawancara jurnalistik via telefon. (www.romeltea.com).*

Previous
« Prev Post
Author Image

Romeltea
Romeltea adalah onair dan online name Asep Syamsul M. Romli aka Kang Romel. Praktisi Media, Blogger, Trainer Komunikasi from Bandung, Indonesia. Follow me: facebook twitter instagram linkedin youtube

Recommended Posts

Related Posts

Show comments
Hide comments

No comments on Teknik Wawancara Jurnalistik via Telepon

Post a Comment

No Spam, Please!