Ini Dia Lima Pasangan Cagub-Cawagub Jabar 2013

Posted by | Follow @romeltea

Pilgub Jabar 2012 bakal diikuti lima pasangan cagub-cawagub yang sudah mendaftar untuk mengikuti proses pemilu. Urutan pasangan berikut ini kemungkinan menjadi urutan perolehan suara juga (prediksi):

  1. Ahmad Heryawan-Deddy Mizwar (PKS, PPP, Hanura, PBB)
  2. Dede Yusuf-Lex Laksamana (Demokrat, PAN, PKB, Gerindra)
  3. Rieke Dyah Pitaloka-Teten Masduki (PDIP)
  4. Irianto MS Syafiuddin-Tatang Farhanul Hakim (Golkar)
  5. Dikdik Mulyana Arief Mansur-Cecep Nana Suryana Toyib (non parpol/independen) 
 Pasangan cagub-cawagub pada Pilgub Jabar 2013 yang diusung oleh PDIP, Rieke Dyah Pitaloka dan Teten Masduki dianggap sebagai pesaing kuat. Pasangan ini dianggap bisa memberikan gangguan terhadap calon incumbent yang saat ini sudah pecah kongsi Ahmad Heryawan - Mizwar dan Dede Yusuf - Lex Laksamana.

"Dua calon incumbent itu merupakan calon yang paling kuat. Tapi kalau bisa memanfaatkan Rieke - Teten bisa menjadi kuda hitam," ucap pengamat politik dari Charta Politika, Yunarto Wijaya, kepada detikcom, Minggu (11/11/2012).

Menurut Yunarto, Ahmad Heryawan dengan cerdik bisa menggaet Deddy Mizwar, seorang tokoh yang dikenal masyarakat, sehingga masyarakat mudah mengenal pasangan calon tersebut. Sementara Dede Yusuf-Lex dianggap merupakan representasi birokrat sejati, yang tentu sangat mengerti pola kehidupan masyarakat Jabar. Namun dia menyangsikan pasangan cagub-cawagub yang diusung Golkar, Irianto MS Syafiuddin (Yance)-Tatang Farhanul Hakim.

"Yance itu saya rasa peluangnya paling berat. Pertama sosoknya tidak ada yang dikenal luas, dan kedua Yance sendiri yang saat ini masih tersangkut kasus hukum. Sementara mesin Partai Golkar sendiri tidak solid saat menghadapi pemilu," ucap Yunarto.

Dia menambahkan, 'Jokowi Effect' kemungkinan akan sulit terjadi. Peta pertarungan di Jabar sangat kecil kemungkinan memunculkan fenomena seperti Jokowi. Meskipun, Rieke dan Teten memang disebutnya berpeluang menjadi calon alternatif.

"Jokowi effect sepertinya susah. Seperti yang saya sebutkan, Rieke-Teten bisa menjadi kuda hitam apabila mereka bisa sosialisasi dan mesin partai bisa bergerak mendukung," imbuhnya.

Sekretaris Jenderal DPP PPP M Romahurmuziy, Sabtu (10/11/2012), Aher sebagai gubernur petahana telah berhasil mengawal Jawa Barat sebagai provinsi penyumbang tertinggi pertumbuhan ekonomi nasional selama lima tahun terakhir. 

Pria yang kerap disapa Romi itu mengatakan, Jabar adalah gudang ulama, pesantren, sekaligus budayawan atau artis. Kombinasi Aher dan Dedy yang berlatar belakang aktor, menurut Romi, akan melingkupi karakteristik yang khas warga Jabar.

Romi menambahkan, keyakinan itu juga didasarkan pada kekuatan mesin politik yang sangat diunggulkan dari PPP dan PKS, yang mencalonkan pasangan tersebut. "Sekurangnya lima kader PPP menjadi kepala daerah dari 26 kabupaten atau kota di Jabar. Belum lagi PKS juga ada beberapa. Ini akan menjadi kekuatan serius untuk memenangkan pasangan ini," ujar Romi di Jakarta. (Detik.com/Kompas.com).*

» Thanks for reading Ini Dia Lima Pasangan Cagub-Cawagub Jabar 2013

Tags: Pilgub Jabar
0 Komentar untuk "Ini Dia Lima Pasangan Cagub-Cawagub Jabar 2013"

No Spam, Please!

Back To Top